Tim Sergap Mabesad didampingi Kasdim 0815 dan Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto meninjau lokasi objek ketahanan pangan di wilayah Kodim Mojokerto

IM.com – Tim Serapan Gabah Petani (Sergap) Mabesad Kolonel Arh Mandrawan dan Kolonel Inf Dwi Suryo meninjau lokasi ketahanan pangan yang ada di wilayah Kodim 0815 Mojokerto Kamis (06/04/2017). Ada empat objek lokasi, yakni lokasi panen, penggilingan padi, KUD Sumber Pangan dan gudang penyimpanan Bulog.

Usai transit sejenak di Makodim 0815 Mojokerto, Tim Sergap dari Mabesad didampingi Kasdim 0815 dan rombongan langsung menuju areal pertanian yang sedang dipanen para petani di Dusun Sumbersari Desa Sumberkarang Kecamatan Dlanggu. Kedatangannya disambut Danramil 0815/14 Dlanggu Kapten Inf Kasim, Kades, PPL, Gapoktan dan Petani setempat.

Tim Sergap pun melakukan dialog dengan para petani, menanyakan seputar harga padi dan pupuk. Tim Sergap menyampaikan, PPL dan Babinsa harus lebih maksimal dalam melaksanakan pendampingan kepada petani.Termasuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi petani. Misal masalah administrasi, oleh karena itu harus menggandeng Kades dan Gapoktan untuk menyelesaikannya.

Sebab pemerintah melalui Kementerian Pertanian berupaya memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan petani yang diwujudkan dalam bentuk program bantuan benih, pupuk, alat mesin pertanian (Alsintan), pompa air. Bahkan Bulog harus membeli gabah petani sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah.


Selesai berdialog, Tim Sergap Mabesad menuju lokasi penggilingan padi UD Tambah Jaya milik Kaho di Dusun Lengkong Desa Kedunglengkong Kecamatan Dlanggu. Dilanjutkan peninjauan proses penggilingan padi/beras dan berdialog dengan pemilik huller.

Selanjutnya Tim Sergap melakukan panen padi di lokasi panen Dusun Tangunan Desa Tangunan Kecamatan Puri dan disambut Danramil 0815/04 Puri Kapten Inf EKo Wahyudi beserta PPL. Di area yang sedang dipanen, Tim Sergap menyaksikan secara langsung panen padi dengan menggunakan mesin perontok padi pihak Bulog langsung melakukan uji/analisa sample kadar air terhadap padi yang dipanen.

Berikutnya Tim Sergap bersama rombongan menuju KUD Sumber Pangan di Dusun Kali Putih Desa Kebon Agung Kecamatan Puri untuk meninjau proses penjemuran dan pengilingan padi.

Diakhir lawatannya, Tim Sergap menuju Gudang Bulog Sub Divre IV Surabaya Selatan di Jalan Raya By Pass Kelurahan Gunung Gedangan Kecamatan Magersari Kota Mojokerto dan diterima Danramil 0815/19 Magersari Kapten Inf Heru Widodo CP dan Kepala Gudang Bulog Gunung Gedangan Eko Yudi Miranto. Selanjutnya Tim Sergap menerima penjelasan dari Kepala Gudang Bulog terkait distribusi beras dari petani ke Gudang Bulog yang melalui analisa dan pemeriksaan kualitas beras.

Dalam rombongan mendampingi Tim Sergap selain Kasdim 0815 Mayor Inf Nuryakin S.Sos, juga Pasi Komsos Sterrem 082/CPYJ Mayor Inf MJ Arifin, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Didik Pancaning Argo, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Mojokerto yang diwakili Rofi, Waka Bulog Sub Divre IV Surabaya Selatan Anita.

Termasuk Koordinator PPL Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Masuhadak, SP, MMA dan Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Wastutuk Muryati. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here