Tim Satgas TMMD 98 bersama Dinas Sosial dan BPPD Kabupaten Mojokerto menggelar sosialisasi tanggap bencana dan PKH serta KIS

IM.com – Sedikitnya 60 orang warga Desa Pucuk Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto menghadiri penyuluhan penanggulangan bencana yang digelar Tim Satgas TMMD Imbangan ke 98.

Acara yang berlangsung di Balai Desa Pucuk, Senin (17/4-2017) malam itu bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mojokerto.

Danramil Dawarblandong, Kapten Arh. Supriyono menjelaskan, tujuan kegiatan ini menselaraskan program pemerintah menumbuhkan kesadaran menuju kehidupan sosial masyarakat yang lebih maju, sejahtera dan mandiri,

Danramil juga menjelaskan sebagai pemateri Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto, Agus Purwanto, S.Sos. Materi yang diberikan adalah memberikan pembekalan terkait program bantuan pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).


Sementara Agus menjelaskan bahwa program tersebut harus sesuai sasaran dan di data secara riil untuk warga yang sudah mampu dapat diganti warga lainnya dengan melampirkan surat pernyataan dari desa/kelurahan.

Sedangkan penyuluhan terkait penanggulangan bencana disampaikan Puji Andriarti, ST. MM Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mojokerto.Puji Andriarti menjelaskan tentang tahapan-tahapan pencegahan dan kesiapsiagaan terkait bencana.

Sosialisasi ini, kata Puji Andriarti diharapkan warga masyarakat dapat mengetahui tanda-tanda bencana baik yang disebabkan alam maupun non alam sehingga masyarakat dapat mengantisipasi secara dini. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here