IM.com – Peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017 di wilayah Kodim 0815 Mojokerto, selain diisi dengan kegiatan Upacara, Ziarah dan Do’a Bersama,juga dimeriahkan dengan pementasan sosiodrama kolosal bertempat di Halaman Pemkab Mojokerto Kamis sore (17/08/2017).

Pementasan sosiodrama kolosal oleh Anggota Kodim 0815 Mojokerto dan Siswa/Siswi SMA Sooko Mojokerto tersebut dilaksanakan sesaat sebelum berlangsungnya pelaksanaan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan Ke-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017 di Pemkab Mojokerto, namun pasukan upacara sudah siap di lokasi.

Dalam sosiodrama kolosal tersebut, alur cerita mengisahkan pada jaman Kerajaan Mojopahit mencapai puncak keemasan, tatkala Prabu Hayam Wuruk menginginkan “Dewi Citraresmi Sang Diyah Pitaloka” dari Kerajaan Sunda “Pajajaran” menjadi pasangan hidupnya, namun keinginan Sang Raja tidak mendapat persetujuan dari Maha Patih Gajah Mada.

Sekalipun keinginannya mempersunting Sang Dyah Pitaloka tidak disetujui oleh Maha Patih Agung Gajah Mada, Sang Raja bersikukuh untuk meneruskan rencana pernikahan tersebut, hingga akhirnya Sang Raja marah besar dan meluapkan kemarahannya dengan mengusir Maha Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit.


Usai pementasan sosiodrama kolosal, dilanjutkan dengan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan Ke-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017 di Pemkab Mojokerto, bertindak sebagai Irup Wakil Bupati Mojokero, H. Pungkasiadi, SH.

Tampak dihadiri Forpimda Kabupaten Mojokerto, Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto H. Ismail Pribadi SE Ketua PN Mojokerto, Sekda Kabupaten Mojokerto Ir. Herry Suwito, MM, Kejari Kabupaten Mojokerto, Ka OPD se-Kabupaten Mojokerto, Para Staf Ahli Bupati dan Para Asisiten Sekda,

Para Camat se-Kabupaten Mojokerto, Danramil 0815/05 Gedeg Kapten Inf Kambali, Anggota Veteran Mojokerto dan tamu undangan serta pasukan upacara terdiri dari 1 Kelompok Korsik Ajenrem 082/CPYJ, 1 SSK Pasukan Bersenjata Kodim 0815 Mojokerto dan Yonif Para Raider 503/MK, 1 SSK Pasukan Bersenjata Polres Mojokerto dan SPN, 1 SSK Korpri/Korp ASN, 1 SSK Linmas, PGRI dan IBI serta 1 SSK Siswa SMAN Sooko dan Pramuka.

“Pementasan sosiodrama kolosal ini melibatkan sejumlah 140 orang terdiri dari anggota Kodim 0815 Mojokerto 20 orang, KBT 10 orang, Pelajar 100 orang dan masyarakat 10 orang, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian Peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017”, terang Pasi Ter Kodim 0815 Mojokerto Kapten Arh Supriyono, singkat.(dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here