Wali Kota Mojokerto Ika Puspitsari menyerahkan hadiah secara simbolis kepada peserta Juara 1 Lomba Dongeng Cerita Rakyat jenjang SMP/MTs di Sabha Kridha Tama, Senin (28/11/2022) malam.

IM.com – Sebanyak 10 finalis masing-masing lima untuk jenjang SD/MI dan SMP/MTs menampilkan kepiawaiannya dalam final lomba Dongeng Cerita Rakyat di Sabha Kridha Tama, Senin (28/11/2022) malam. Acara ini bertujuan melestarikan tradisi bercerita dengan lisan dan tutur di masyarakat.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dalam sambutannya menerangkan, lomba Dongeng Cerita Rakyat ini patut mendapat apresiasi yang tinggi dan harus rutin digelar. Sebab, kegiatan ini dapat melestarikan tradisi lisan dan bertutur di masyarakat.

“Ini sebagai upaya kita untuk mewujudkan Kota Mojokerto sebagai kota pariwisata berbasis sejarah dan budaya,” katanya dalam sambutan di malam Final Lomba Dongeng Cerita Rakyat di Sabha Kridha Tama, Senin (28/11/2022).

Sebagaimana diketahui, warisan budaya Majapahit masih sangat kental dan sudah menjadi tradisi masyarakat. Hal ini, kata walikota yang akrab disapa Ning Ita, harus terus dilestarikan dengan berbagai kegiatan kesenian dan kebudayaan.


“Beberapa kegiatan untuk menguri-uri budaya Majapahit dalam setiap event yang dilaksanakan pemerintah maupun masyarakat bisa menambah khasanah dalam rangka melestarikan dan memperkaya warisan kebudayaan ini,” paparnya.

Dongeng Cerita Rakyat diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) berkolaborasi dengan Dewan Kebudayaan Kota Mojokerto. Lomba ini diikuti 19 peserta di jenjang SMP/MTs dan 65 siswa-siswi tingkat SD serta 4 dari kelurahan.

“Proses seleksi peserta lomba ini sudah dilaksanakan mulai 8 September-15 Oktober 2022. Masing-masing sekolah peserta mengirimkan video (mendongeng) kemudian seleksi dan kurasi dilakukan  oleh juri dari Dewan Kebudayaan Daerah Kota Mojokerto,” papar Kepala Dinas P dan K Kota Mojokerto, Amin Wachid dalam laporan sambutannya.

Adapun 10 finalis di malam puncak lomba yang menuturkan beragam cerita rakyat yaitu SDN Miji 2 mendongeng tentang Bajol Kromong, SDN Kranggan 1 bercerita tentang Sadarnya Semut. Kemudian dongeng berjudul Aji Saka diceritakan oleh siswa-siswi SDN Mentikan 1, cerita Watu Blorok dituturkan SD Balongsari 8 serta Perjalanan Masa Soekarno Kecil diceritakan oleh SDN Purwotengah.

Dari jenjang SMP, siswa SMPN 3 dengan cerita berjudul Burung Shitere, SMP Brawijaya bercerita tentang Desa Srembong, SMPN 2 menuturkan Asal-Usul Kedung Sari. Selanjutnya, cerita tentang Asal-Usul Prajurit Kulon dituturukan siswa SMPN 8 dan dongeng berjudul Nyi Gongso diceritakan peserta dari SMPN 1.

“Malam ini acara puncak menampilkan 10 finalis yang berhasil lolos ke final, masing-masing lima peserta dari jenjang SD dan SMP,” kata Ketua Panitia Lomba Dongeng Cerita Rakyat Mudjoko.

Walikota Ika Puspitasari menyerahkan hadiah secara simbolis kepada pemenang lomba Dongeng Cerita Rakyat untuk peserta jenjang SD/MI.

Mudjoko menjelaskan, kurasi dan penjurian diampu oleh dewan juri dari Dewan Kebudayaan Kota Mojokerto. Kriteria penilaian untuk penampilan peserta (kostum, alat pendukung dan tata rias), ekspresi (volume suara, diksi, tempo, artikulasi), penguasaan materi, penguasaan panggung serta komunikatif-interaktif.

Dari kombinasi lima kriteria penilaian tersebut, SDN Mentikan 1 meraih rata-rata nilai terbaik 408,7. Berikutnya, SDN Kranggan 1 menempati rangking kedua dengan selisih skor tipis 406,7, disusul SDN Miji 2 di posisi ketiga 399,5 poin.

Urutan keempat diraih SDN Balongsari 8 dengan skor 392. Sedangkan SDN Purwotengah di posisi buncit mendapatkan nilai 382,3 poin.

Di jenjang SMP, SMPN 1 Kota Mojokerto meraih posisi pertama dengan skor 432, diikuti SMPN 3 rangking kedua 406,7 poin. Disusul SMPN 2 di urutan ketiga 404,5, lalu SMPN 8  dengan skor yang terpaut tipis 403,7 dan urutan terakhir SMP Islam Brawjiaya 399,5 poin.

“Ke-10 finalis seluruhnya menerima hadiah dan penghargaan yang diserahkan oleh Walikota Ika Puspitasari, Forkopimda dan panitia. Sedangkan empat peserta dari kelurahan tidak ditampilkan tetapi juga mendapatkan hadiah,” ujar Kabid Kebudayaan Dinas P dan K Kota Mojokerto ini.

Selain hadiah kepada para finalis lomba Dongeng Cerita Rakyat, panitia juga memberikan penghargaan kepada dua tokoh. Mereka adalah penulis buku dongeng almarhumah Ismaniyasita dan budayawan Oky Sunarko.

10 Finalis Lomba Dongeng Cerita Rakyat Kota Mojokerto 2022

Jenjang SD/MI

  1. SDN Mentikan 1 – Cerita Aji Saka
  2. SDN Kranggan 1 – Cerita Sadarnya Semut
  3. SDN Miji 2 – Cerita Bajol Kroma
  4. SDN Balongsari 8 – Cerita Watu Blorok
  5. SDN Purwotengah – Cerita Perjalanan Masa Soekarno Kecil

Jenjang SMP/MTs

  1. SMPN 1 – Cerita Nyi Gongso
  2. SMPN 2 – Cerita Asal-Usul Kedung Sari
  3. SMPN 3 – Cerita Burung Shitere
  4. SMPN 8 – Cerita Asal-Usul Prajurti Kulon
  5. SMP Islam Brawijaya – Cerita Desa Srembong

(im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here