IM.com – Satgas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Mojokerto menggelar Apel Kesiapan dan Simulasi Bencana.

Apel yang melibatkan 200 personel itu dilaksanakan di Penampungan Getah Pinus Kawasan Hutan Perhutani Petak 21A Dusun Sembung Desa Claket Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto, Jum’at (22/09/2017) lalu.

Apel untuk meningkatkan kapasitas, personel ini dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Mojokerto, Agus Anas ES, SH., MM. Sedangkan Komamdan Apel adalah Asper Perhutani BKPH Pacett. Sementara Penanggung Jawab Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Drs. HM. Zaini, ST, M.SI MM.

Hadir dalam kegiatan, itu antara lain pejabat utama Polres Mojokerto, Pasi Ops Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Sasminto,Pasiter Kodim 0815 Kapten Arh Supriyono, ADM Perhutani KPH Pasuruan, Danramil Jajaran Kodim 0815 (Ngoro, Jatirejo, Pacet, Gondang dan Trawas), Kapolsek Jajaran Polres Mojokerto (Ngoro, Jatirejo, Pacet, Gondang dan Trawas).

Adapun personel yang dilibatkan diantaranya, anggota Kodim 0815 Mojokerto 1 SST, anggota Polres Mojokerto 1 SST, BPBD Kabupaten Mojokerto 1 SST dan 2 unit Damkar, Basarnas, Perhutani BKPH Pacet KPH Pasuruan 1 SST, Tahura R. Soeryo 1 SST, Gabungan Relawan 1 SST dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sesa Claket 1 SST.

Agus Anas ES dalam amanatnya menyampaikan bahwa saat ini sedang memasuki musim kemarau panjang. Oleh sebab itu mari menjaga hutan karena hutan adalah paru-paru dunia.

“Kesiapsiagaan ini sangat penting dan kita harus waspada dalam rangka penanganan kebakaran hutan supaya tidak ada kepanikan dalam penanganan kebakaran hutan. ‘Komunikasi harus kita jalin supaya tidak ada tumpang tindih dalam penangana kebakaran hutan dan lahan”, pungkasnya.

Usai apel, dilanjutkan pembagian tugas latihan simulasi diilanjutkan pelaksanaan latihan simulasi penanganan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Kegiatan serupa juga digelar di lokasi yang sama pada Rabu (20/09-2017) lalu, dipimpin Kapolres Mojokerto AKBP Leonardus Simarmata, SH, S.IK, MH serta dihadiri para Danramil dan Kapolsek Rawan Karhutla. (Ngoro, Jatirejo, Pacet, Gondang dan Trawas).

Adapun pelibatan personel sekitar 200 orang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Satpol PP, PMI, Puskesmas, Polhut dan Relawan (Macan Putih, KORI, Tagana, Senkom dan RMB). Selesai apel dilanjutkan kegiatan pengarahan dan simulasi penanganan Karhutla dipimpin Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Mojokerto, Puji Adriati, ST., MM.(dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here