IM.com – Jajaran TNI di Mojokerto menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-72 Tahun 2017 di Lapangan Asrama Korem 082/CPYJ Cikaran Kota Mojokerto, Jum’at (10/11/2017).

Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2017, bertemakan “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”, Sebagai Inspektur Upacara Komandan Korem 082/CPYJ Kolonel Kav Gathut Setyo Utomo, S.IP sekaligus membacakan amanat tertulis Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa.

Bahwa, setiap tanggal 10 November kita seluruh Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan Perintis Kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di Bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya.


Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap Rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan, bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Bung Karno pernah menegaskan bahwa Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia.

Berbagai sejarah kepahlawanan, mengisahkan tentang menyala-nyalanya api “harapan” yang menjadi pemantik dari berbagai tindakan-tindakan heroik yang mengagumkan. Begitu pula Republik Indonesia tercinta ini, ketika diproklamirkan, dengan keberanian, tekad, pemikiran orsinil tentang kehidupan bernegara yang tertuang dalam Pancasila dan UUD 1945 dan pengorbanan yang besar.

Saat ini harapan akan masa depan yang lebih baik tersebut telah ditambatkan oleh Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla melalui sebuah visi transformatif yang mengarahkan dan menghimpun gerak seluruh elemen Republik Indonesia yakni, “Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong”.

Pada kesempatan yang baik ini kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerjam berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini, “Selamat hari Pahlawan Tahun 2017”.

Hadir dalam upacara tersebut, Kasrem 082/CPYJ Letkol Inf Moch. Sulistiono, Para Dan/Ka Bapras Jajaran Rem 082/CPYJ, Para Pamen dan Pama Korem 082/CPYJ, Kodim 0815 dan Bapras Rem 082/CPYJ serta diikuti Pok Korsik Ajenrem 082/CPYJ, Anggota TNI dan ASN Makorem 082/CPYJ, Kodim 0815 dan Bapras Rem 082/CPYJ. (rem/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here