IM.com – Kegiatan pendampingan ketahanan pangan terus dilakukan Koramil Jajaran Kodim 0815 Mojokerto, termasuk Pos Ramil Mojoanyar. Kali ini Babinsa Kwatu Serda Sumiran bersama-sama dengan Petugas dari Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Mojoanyar melaksanakan pendampingan pengubinan tanaman jagung, Kamis (09/11/2017).

Kegiatan pengubinan di lahan pertanian Chosim, SH, dari Poktan Tani Kuwat Dusun Kwatu Desa Kwatu Kecamatan Mojoanyar. Dari luas lahan 1 Ha tersebut, proses pengubinan dilakukan dengan luas ubinan 2,5 meter x 2,5 meter.

Saat pengubinan dilakukan di area 2,5 meter x 2,5 meter, didapat jumlah tongkol sebanyak 57 dan setelah ditimbang dicapai berat 11,2 Kg, dan sesuai estimasi dalam 1 Ha lahan jagung dapat menghasilkan sebanyak 7,4 ton.

“Lahan tanaman jagung varietas Pioneer P-21 ini merupakan program intensifikasi untuk memenuhi kebutuhan lokal komoditas jagung yang sangat diperlukan warga masyarakat, “ terang Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Mojoanyar Supramorini, SP.


Danpos Ramil Mojoanyar Peltu Dandi Widagdo mengungkapkan, keterlibatan Baninsa dalam pengubinan jagung bagi Poktan Tani Kuwat di Dusun Kwatu Desa Kwatu, merupakan bagian dari tugas pendampingan ketahanan pangan dalam rangka mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan yang dicanangkan Pemerintah khususnya bagi Komoditas Pajale (Padi, Jagung dan Kedelai). (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here