Pemuda Ansor Kecamatan Jetis mengikuti pelatihan kepemimpinan

IM.com – Danramil 0815/07 Jetis Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Hari Subiyanto memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan pada Pelatihan Kepemimpinan Gerakan Pemuda (GP) Ansor se-Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto. Pembekalan yang diikuti oleh 24 orang itu berlangsung di aula MTs Miftahul Ulum Desa Bendung, Jetis.

Hari Subiyanto menjelaskan pada pembekalan yang telah dilakukan pada Selasa (12/12-2017) materi yang diberikan menyangkut peran pemuda dalam menjaga keutuhan NKRI sehubungan adanya proxy war yaitu suatu peperangan yang melibatkan pihak ketiga sehingga sulit mengamati siapa lawan siapa kawan.

Dalam proxy war pihak lawan tidak langsung berkonfrontasi melainkan memanfaatkan pihak ketiga. Pihak ketiga tersebut bisa berupa negara atau atau elemen masyarakat dengan target untuk menguasai bahkan menghancurkan negara sasaran pada berbagai aspek kehidupan, baik ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya maupun pertahan dan keamanan..

Danramil mencontohkan, peredaran narkoba yang menyerang generasi muda merupakan salah satu indikator adanya proxy war. Ini bentuk penghancuran moralitas generasi muda, padahal moral merupakan kekuatan utama dalam sistem pertahanan negara disamping kekuatan fisik. “Kita, semua anak bangsa, terlebih para pemuda punya tanggung jawab besar untuk membentengi negara ini dari berbagai ancaman demi menjaga keutuhan NKRI,” tandasnya.


Hadir dalam acara tersebut, antara lain Kapolsek Jetis Kompol Siswoyo, Ketua MWC NU Kecamatan Jetis, Khoirul Amin serta beberapa pemuka masyarakat. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here