IM.com – Menyongsong panen raya pada persawahan Kelompok Tani (Poktan) Sumber Tani I Dusun Sadar Desa Sadar Tengah, Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, dilakukan pengambilan contoh produksi pada area seukuran 2,5 x 2,5 meter untuk mengetahui spesisikasi padi. Di kalangan petani, pengambilan contoh tersebut dinamakan ‘pengubinan’.

Pengubinan dilakukan oleh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) yang dikoordinir Supramonorini didampingi Babinsa Pos Ramil Mojoanyar Serda Sumiran pada sawah milik Sunoyo Ketua Poktan Sumber Tani I Dusun, Rabu (20/12/2017).

Dari pengubinan di area seluas 6,25 M² menunjukkan jumlah malai 23-25-23, anakan 14-18-19, bulir 92-107-143, rumpun 156, dan berbobot 5,4 Kg. Bila dikalikan dengan luas area 61 hektar maka diperkirakan hasil panen yang didapat sekitar 506,3 ton atau 8,3 ton per hektar.

Menurut koordinator PPL, Supramonorini, pengubinan ini biasa digunakan oleh petugas penyuluh pertanian atau petugas statistik untuk menghitung secara cepat dan sederhana sehingga hasil panen secara keseluruhan dapat diketahui. “Sesuai proses pengubinan tersebut maka hasil panen yang didapat nanti diprediksi mencapai 8,3 ton per hektar untuk gabah kering panen,” tuturnya. (dim/uyo)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here