IM.com – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbabis Komputer (UNBK) untuk jenjang SMA, direncanakan dilaksanakan (9-12 April 2018).

Segala persiapan untuk sukses UNBK sudah dilaksanakan. Mulai kesiapan sarana dan prasarana, mental guru dan siswa, materi dan pendalaman soal soal

Hingga pada komunikasi dan perhatian dari orang tua,/wali. Termasuk pada upaya memberikan tambahan jam belajar, khusus bahasan dan kajian soal soal ujian tahum sebelumnya serta prediksi soal soal ujian tahun 2018.

Untuk mengukur tingkat kesiapan yang sudah dilakukan, biasanya pada saat saat mendekati pelaksanaan UNBK diadakan penilaian dalam bentuk try out. Bahkan tidak jarang juga diadakan kegiatan spiritual dalam bentuk doa bersama.


Dalam menghadapi UNBK tahun 2018 kali ini, SMAN 1 Mojosari mempunyai kiat khusus dengan mendatangkan seorang motivator, dr. H. Agus Ali Fauzi, PGD., Pall., Med (ECU).

“dr. Agus, begitu sapaan akrap bukan hanya seorang dokter spesialis terapis penyakit penyakit kronis saja, tapi juga ahli komunikasi massa, dan sangat kompeten dibidang keagamaan” kata Bambang Rusmanto, S.Pd, M.M.Pd Wakasek Humas.

Sebelum masuk materi motivasi kiat sukses UNBK 2018, dr. Agus memaparkan beberapa karakter yang bisa menjadikan orang hidup sehat bahagia, dan beberapa karakter yang bisa menjadikan orang sakit dan menderita.

“kalau ingin sehat dan bahagia bersikaplah selalu bersyukur, banyak sedekah, optimis, pemaaf, suka senyum, menghargai orang lain, taat dan selalu minta doa orang tua serta guru, dan istiqamah dalam beribadah serta tawakkal kepada Allaah SWT,”paparnya.

“tapi kalau ingin stres, strok, dan menderita segala jenis penyakit yang ujung ujungnya cepat mati, silakan pelihara sifat dan sikap selalu mengeluh, pesimis, pemarah, pendengki, selalu cemberut, berani pada guru dan orang tua, malas ibadah, dan tidak menyandarkan diri kepada Allaah SWT” lanjutnya.

Sehat kata Agus adalah modal utama untuk aktivitas hidup, termasuk dalam menghadapi UNBK. “saya yakin siswa kelas XII SMAN 1 Mojosari lulus UNBK 100% dengan nilai memuaskan” lanjutnya yang dijawab spontan audien “aamiin”

Karena lanjut Agus dirinya melihat dari wajah dan penampilan siswa, pendidik, dan tenaga kependikan semua mencerminkan ciri ciri orang yang sehat dan bahagia.

“hanya saja” pesan dr. Agus ” jangan sekali kali meremehkan persiapan dan pelaksanaan UNBK, meski anak anak sudah siap tempur”

Dengan gaya dan keahlian komunikasi yang dimiliki, baik bahasa lisan yang sesekali pakai bahasa inggris dan bahasa alquran, Serta gaya tampilan bahasa tubuhnya, ditunjang penguasaan materi yang disampaikan, dr. Agus berhasil menguasai acara selama 2 jam 30 menit.

Dengan interaksi dua arah yang efektif, humoris penuh tawa geeeeeeer geeeran dari 460 lebih siswa kelas XII dan pengurus OSIS yang didampingi 100 lebih guru dan pegawai, juga dukungan tampilan audio visual proyektor yang gamblang.

“insyaa Allaah kami optimis, motivasi dan pesan pesan moral, kesehatan, serta keagamaan, tersampaikan dan bisa dijadikan bekal anak anak , guru, dan pegawai untuk hidup sehat dan bahagia, khususnya untuk sukses UNBK 2018” kata Lailatul Nurul Khasanah, S.Pd. yang mengkoordinir acara

Ketika ditanya latar belakang apa yang menginisiasi mengadakan acara semacam ini,

“Biasanya siswa hanya dipersiapkan dalam bentuk tambahan jam belajar, try out, bahkan ngajak berdoa bersama pun ketika detik detik akhir, kami berfikir insyaa Allaah dengan motivasi kuat dalam menata niat, persiapan dan usaha keras, menyatunya doa siswa, guru, dan orang tua, disertai ibadah dan ketaqwaan, UNBK 2018 akan lebih sukses,”tandas Drs. Waras, M.M.Pd, Kepala SMAN 1 Mojosari yang setia duduk bersama siswa, guru, dan pegawai dilantai aula mengikuti acara dari awal sampai akhir. (uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here