Gemar Membaca
Si Mokos untuk meningkatkan motivasi para siswa untuk gemar membaca

IM.com – IM.com – Kodim 0815 Mojokerto Rem 082/CPYJ melalui Koramil jajaran terus mengoperasionalkan sekaligus mensosialisasikan SIMOKOS di wilayah binaan. Kali ini, Koramil 0815/04 Puri mensosialisasikan Si-Mokos di MA Syarif Hidayatulloh, Desa Medali, Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jum’at (16/03/2018).

Danramil 0815/04 Puri Kapten Inf MR Harjono, S.Sos, menjelaskan bahwa SIMOKOS adalah Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial. Yakni berupa motor roda tiga berwarna hijau yang didalamnya terdapat sarana belajar berupa buku bacaan yang beragam. Mulai pengetahuan umum, pengetahuan tentang TNI, pengetahuan tentang pertanian, wawasan kebangsaan, serta dilengkapi televisi LED untuk memutar slide dan film-film dokumenter.

Danramil berharap, melalui Simokos ini, dapat meningkatkan motivasi para siswa untuk gemar membaca beragam disiplin ilmu termasuk materi wawasan kebangsaan sehingga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. “Dengan gemar membaca dapat menunjang pembentukan karakter, diantaranya kedisiplinan, wawasan kebangsaan dan lain-lain guna menanamkan nilai-nilai bela negara,” tandas Danramil.

Sementara, Kepala Sekolah MA Syarif Hidayatulloh, Akhmad Faqih, S.Pd, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danramil beserta anggota Koramil 0815/04 atas diperkenalkannya Si-Mokos kepada siswa-siswi kami. “Para siswa tentunya sangat senang dengan adanya kegiatan outdoor ini, dan semoga dengan program Si-Mokos ini dapat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan para siswa”, ucapnya.


Dihadapan 150 siswa, Danramil bersama Tim Simokos Koramil 04/Puri, langsung mengenalkan dan mengajak para siswa untuk membaca beragam buku yang ada di perpustakaan mini Si-Mokos. Tampak suasana gembira tersirat dari senyuman para siswa.

Tidak cukup itu saja, Tim Si-Mokos juga membekali para siswa materi wawasan kebangsaan, meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Di akhir materi, para siswa juga dikenalkan materi outbond.

Dipenghujung acara, Sriani, menyampaikan, ucapan terima kasih atas kerja samanya karena kegiatan Si-Mokos sangat bermanfaat untuk menambah wawasan, pengetahuan dan ilmu bagi siswa-siswi. Sriani juga menyarankan, agar kegiatan Si-Mokos ini diadakan setiap satu bulan sekali.

Senada dengan Bu Guru Sriani, Siswi Yulia juga mengungkapkan rasa bangganya atas kedatangan Bapak TNI dari Koramil Puri beserta Kendaraan Si – Mokos yang membawa buku-buku bacaan untuk menambah ilmu pengetahuan. Yulia berharap, acara seperti ini bisa berkelanjutan tidak sekali ini saja.

Untuk diketahui, di wilayah Koramil 04/Puri, Si-Mokos dioperasionalkan mulai Senin lalu (12/03) dan menyasar sejumlah sekolah mulai SD, SMP hingga SMA/SMK/MA. Untuk sekolah-sekolah yang sudah didatangi, antara lain SDN 1 Tambak Agung diikuti 245 siswa, SDN Puri diikuti 250 siswa, dan SMPN Puri.(dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here