Membuka Gerbang Perekonomian Desa Jembul
Pembangunan jalan tembus di Desa Jembul Kecamatan Jatirejo ini terdiri dari dua ruas jalan, yaitu jalan tembus yang menghubungkan antara Desa Jembul dan Desa Ngembat Kecamatan Gondang sepanjang 1.700 meter x 6 meter,

IM.com – Geliat ekonomi Desa Jembul Kecamatan Jatirejo mulai nampak. Ini setelah adanya akses jalan yang telah dibangun pemerintah daerah. Perkembangan ini akan terus menggeliat dengan adanya jalan tembus yang dibangun pemerintah daerah bersama TNI dalam program TMMD 2018.

Sedemikan pentingnya infrastruktur jalan untuk mempermudah akses bagi masyarakat luas. Selain untuk mempermudah akses, melalui pembangunan jalan-jalan baru dapat memperpendek jarak tempuh dan menumbuhkan perekonomian masyarakat. Untuk itu Pemerintah maupun Pemerintah Daerah setiap tahun berupaya menambah pembangunan jalan di pelosok nusantara.

Demikian pula yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Mojokerto, salah satu sasaran pembangunan jalan kali ini yaitu di Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, yang pelaksanaannya dilakukan melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-102 TA. 2018 bersama Kodim 0815 Mojokerto dengan melibatan Satuan Tugas dari berbagai satuan.

Pembangunan jalan tembus di Desa Jembul Kecamatan Jatirejo ini terdiri dari dua ruas jalan, yaitu jalan tembus yang menghubungkan antara Desa Jembul dan Desa Ngembat Kecamatan Gondang sepanjang 1.700 meter x 6 meter, dan jalan tembus antara Desa Jembul menuju Desa Rejosari yang masih dalam satu wilayah kecamatan sepanjang 1.800 meter x 6 meter. Pembangunan dua ruas jalan tembus ini merupakan sasaran fisik yang paling utama.


Memasuki hari keempat, Jum’at (13/07/2018) capaian pembangunan jalan tembus cukup signifikan. Untuk jalan tembus yang menghubungkan Desa Jembul dengan Desa Rejosari Kecamatan Jatirejo sepanjang 1.800 meter dengan lebar 6 meter sudah mencapai 525 meter atau setara dengan 29,16 %. Sementara pembuatan jalan tembus yang menghubungkan Desa Jembul dengan Desa Ngembat Kecamatan Gondang sepanjang 1.700 meter dan lebar 6 meter, mencapai 750 meter atau 44,11 %.

Komandan Kodim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH, saat dikonfirmasi, ba’da Sholat Jum’at di Masjid Al-Ikhlas Desa Jembul, mengungkapkan, capaian yang cukup signifikan dalam pembuatan kedua jalan baru tersebut, karena sebelumnya sepekan sebelum TMMD sudah dilaksanakan Pra TMMD, dengan melibatkan pasukan dari Kodim 0815 dan warga setempat.

Kemudian, lanjutnya, setelah TMMD ini dibuka, Semua instansi yang tergabung dalam Satuan Tugas TMMD, yakni dari SST Kodim 0815, SST Yonif Mekanis 521/DY, SST Yonif PR 503/MK, Tim dari Yonzipur-5 Malang, bersama-sama dengan masyarakat dan dibantu satu unit alat berat mengerjakannya secara maksimal.

“Untuk sasaran fisik di Desa jembul ini tidak hanya pembuatan dan pembangunan kedua ruas jalan tembus tersebut, masih ada sasaran lainnya, yaitu pengerasan halaman dan drainase SDN Jembul, pembangunan 18 unit jamban sehat renovasi Musholla dan lain-lain,” terangnya.

“Kita berharap dengan adanya dua ruas jalan tembus ini dapat mempermudah akses masyarakat, yang tadinya mau ke Rejosari atau ke Ngembat harus memutar melalui Jatirejo, dengan adanya jalan ini dapat langsung ke tujuan sehingga jarak dan waktu tempuh lebih singkat. Selain itu, dengan adanya jalan tembus ini akan menumbuhkan perekonomian baru di masyarakat, terlebih di Desa Jembul ada wisata alam dan wisata buatan,” pungkasnya. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here