Cegah Erosi di Lereng Gunung Penanggungan Kodim 0815 Mojokerto Tanam 3.500 Pohon

IM.com – Kodim 0815 Mojokerto melakukan penanaman pohon di Dusun Urung Urung Desa Jatijejer Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Kegiatan ini bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos menyampaikan 3.500 bibit pohon tanaman keras ditanam dalam aksi penghijauan di Lereng Gunung Penanggungan ini. “Untuk jenis bibit pohon yang ditanam yaitu sengon laut 3.000 pohon, jati 100 pohon, kelengkeng 50 pohon dan nangka 350 pohon,” ungkapnya mewakili Dandim.

Kegiatan yang telah berlangsung Rabu (28/11/2018) kata Kasdim, sebagai serangkaian menyambut Hari Juang Kartika ke-73 dan HUT ke-70 Kodam V/Brawijaya.

“Penghijauan ini bertujuan untuk mencegah bahaya banjir dan tanah longsor. Selain itu, melalui penanaman pohon kembali, akan memperkuat daya ikat tanah dan memudahkan penyerapan air di saat musim penghujan serta menjaga kondisi alam agar tetap lestari,” ujar Kasdim.


Melalui penghijauan ini lanjut Kasdim juga dapat memperbaiki kualitas air tanah, mengurangi polusi udara dan pemanasan global (global warming) serta sejumlah manfaat lainnya. “Untuk itu utamakan pemeliharaan dan perawatan tanaman agar bermanfaat bagi kita sekaligus menjaga kondisi alam dari bahaya bencana,” tandasnya.

Kegiatan ini melibatkan sedikitnya 75 orang, antara lain Danramil 0815/17 Trawas Kapten Inf Suparno, Kapolsek Trawas beserta 2 anggota, Camat Trawas, Personel TNI dari Kodim 0815 Mojokerto 47 orang, Kades Jatijejer Mujiono beserta Perangkat Desa dan Masyarakat 20 orang, Pramuka 5 orang dan Relawan Macan Putih 15 orang. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here