Gerbang Tol Pasuruan, Jatim, salah satu ruas bagian dari Tol Trans Jawa yang akan diresmikan menyambut liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

IM.com – Sebanyak empat ruas jalan Tol Trans Jawa akan diresmikan menjelang akhir tahun 2018 dan ditargetkan bisa mulai beroperasi pada liburan Natal dan Tahun Baru 2019. Saat ini pengerjaan fisik keempat ruas tol tersebut sudah hampir rampung 100%.

Keempat ruas tol tersebut yakni Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Semarang Solo Ruas Salatiga-Kartasura, Jalan TolNgawi-Kertosono-Kediri Ruas Wilangan-Kertosono, dan Jalan Tol Gempol-Pasuruan Ruas Pasuruan-Grati. Setelah diresmikan, empat ruas ini akan melengkapi jaringan Jalan Tol Trans Jawa dari Surabaya-Merak yang ditarget sudah tersambung di akhir tahun.

PT Jasa Marga selaku pengelola Tol Trans Jawa optimis, keempat ruas tol yang akan dikelola oleh JasaMarga tersebut dapat beroperasi dan melayani masyarakat sebelum libur Natal dantahun baru mendatang. Pra uji laik operasi dan laik fungsi keempatjalan tol tersebut juga sudah dilakukan mengingat sejumlah pekerjaan fisikseluruh jalan tol itu sudah hampir mendekati final. 


“(Ruas Tol Batang-Semarang) sudah sekitar 99 persen, hampir 100 persen,” ujar Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani di Jembatan Kalikuto yang menghubungkan dua kabupaten Kendal-Batang pada Jumat (7/12/2018).


Dari empat ruas tol yang belum diresmikan tersebut, kata Desi, hanya ada dua titik yang pekerjaannya belum sepenuhnya selesai. Kedua titik itu ada di overpass Gempol di Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Ruas Wilangan-Kertosono dan Overpass Ngaliyan di Jalan Tol Batang-Semarang.

“Paling lambat seminggu kalau yang di Ngaliyan. Kalau yang di Wilangan-Kertosono, mungkin masih perlu 10 hari,” katanya. (sun/im)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here