Peresmian Tol Sumo saat diresmikan Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Jatim Soekarwo, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati (nonaktif) Mojokerto Mustofa Kamal Pasa pada Selasa (19/12/2017).

IM.com – Presiden Joko Widodo tak segan mengakui peresmian jalan tol Trans Jawa, Desember 2018 nanti dan sejumlah proyek infrastruktur lain dalam beberapa tahun terakhir adalah bagian dari strategi pencitraannya sebagai calon presiden 2019.

Jokowi memastikan tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Banyuwangi sudah hamper rampung dan akan diresmikan sebelum perayaan Natal, Desember 2018.

Jokowi berharap, masyarakat sudah bisa memanfaatkan jalan Tol Jakarta-Surabaya saat liburan Natal dan Tahun Baru 2019.

“Awal Desember, tol Jakarta-Surabaya akan tersambung,” ujar Jokowi dalam acara Kompas CEO Forum, di Jakarta Convention Center, Selasa (27/11/2018). Rencananya, dalam peresmian tersebut presiden dikabarkan akan menjajal jalur tol Trans Jawa dengan mengendarai sepeda motor.


Sampai sekarang, masih ada lima ruas tol sepanjang 230 km menuju Surabaya yang belum beroperasi. Yaitu, Tol Sragen-Ngawi sepanjang 51 km, Tol Pemalang-Batang sepanjang 33 km, Tol Batang-Semarang sepanjang 75 km, Tol Salatiga-Solo sepanjang 32 km, dan Tol Wilangan-Kertosono sepanjang 39 km. Kelima ruas tol tersebut targetnya akan dibuka penuh sebelum minggu kedua Desember 2018.

Untuk ruas jalan tol dari Merak yang menjadi bagian dari Trans Jawa kemungkinan baru bisa tersambung dan diresmikan pertengahan atau akhir tahun depan.

Selain Trans Jawa, ada beberapa proyek jalan tol lain yang sedang dalam tahap penyelesaian dan akan diresmikan Jokowi pada akhir tahun ini sampai awal tahun 2019 sebelum Pemilu.

“Akhir tahun ini sampai awal tahun 2019, pemerintah akan meresmikan sejumlah infrastruktur yang dibangun selama empat tahun belakangan,” kata Jokowi.

Jalan tol tersebut antara lain, Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 148 km yang akan diresmikan Desember mendatang. Proyek Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara, dan Makassar New Port di Sulawesi Selatan yang ditargetkan selesai Januari 2019.

Jokowi memang mendorong sejumlah proyek tol tersebut agar segera dirampungkan. Alasannya, selain supaya bisa dipakai masyarakat yang mudik lebaran, capaian itu agar bisa menarik simpati masyarakat jelang Pemilu 2019.

“Bukan untuk apa-apa, tapi supaya bisa dipakai lebaran, juga termasuk untuk Pemilu. Kita blak-blakan saja, kalau memang selesai saya resmikan. Kalau tidak ya terpaksa peresmiannya mundur,” ucap Jokowi yang langsung disambut tepuk tangan para tamu undangan.

Selain itu, Jokowi berharap pembangunan landas pacu atau runway ketiga Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, bisa selesai pertengahan tahun depan. (sun/im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here