Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jatim Soekarwo dan pejabat lokal terkait menekan tombol sirine peresmian ruas tol trans Jawa di Simpang Susun Bandar, tepatnya di Km 671+500 Jalan Tol Jombang-Mojokerto, Kamis (20/12/2018).

IM.com – Pemerintah menggratiskan tarif empat ruas tol di Jatim yang diresmikan Presiden Joko Widodo, hari ini (20/12/2018). Pembebasan tarif itu akan berlaku hingga usai libur tahun baru 1 Januari 2019.

Keempat ruas tol tersebut yakni, Wilangan-Kertosono, Tol Kertosono-Bandar, Tol Gempol-Pasuruan, serta Tol Pasuruan-Grati. Empat ruas tol ini diresmikan Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Turut hadir Gubernur Jatim Soekarwo, Bupati Jombang Mundjidah Wahab dan Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat. Peresmian yang berlangsung di Simpang Susun Bandar, tepatnya di Km 671+500 Jalan Tol Jombang-Mojokerto ini ditandai dengan penekanan sirine dan penandatanganan prasasti secara langsung oleh Presiden Jokowi. 

“Pagi hari ini akan kita resmikan empat ruas jalan tol di Provinsi Jawa Timur, nantinya di Jawa Tengah akan diresmikan Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Kartasura sepanjang 142 Km,” ungkap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya.

Berdasarkan pers rilis, dari pembukaan jalan tol di Provinsi Jawa Timur maupun Provinsi Jawa Tengah artinya Jakarta-Surabaya tersambung dan bisa dilalui kendaraan, yaitu panjangnya kurang lebih 741 Km. Presiden juga mencoba jalan tol baru sepanjang 341 Km dari Surabaya menuju Jembatan Kali Kuto Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

“Kita ingin infrastruktur betul-betul punya manfaat. Lebih memudahkan, lebih murah dan lebih cepat,” ungkap Jokowi. Selain itu keberadaan jalan tol juga memberikan alternatif kepada masyarakat untuk memilih menggunakan jalan tol atau arteri.


Sementara Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono berharap, empat ruas tol yang sudah beroperasi tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat untuk libur Natal dan Tahun Baru 2019.

“Pak Jokowi sudah setuju menggratiskan empat ruas tol itu sampai tahun baru. Sekarang tol trans Jawa mulai Merak hingga Grati, Pasuruan, sudah tersambung,” ujar saat memberikan sambutan. (sun/im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here