KosK yang disediakan Posko Nasional ESDM bersama PT Pertamina dibuka di enam titik sepanjang Tol Surabaya-Solo selama musim libur Natal dan Tahun Baru 2019.

IM.com – Jumlah konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dirprediksi terus meningkat di masa ibur Natal hingga pasca perayaan tahun baru 1 Januari 2019 (Nataru). Tapi masyarakat yang menggunakan akses jalan tol selama berlibur tidak perlu khawatir kehabisan BBM di tengah jalan atau mengalami antrean panjang di SPBU karena Posko Nasional Sektor ESDM sudah membuka 50 kios BBM Kemasan (KiosK) Pertamax di ruas tol TransJawa, diantaranya Mojokerto-Kertosono dan Surabaya-Mojoketo.

Untuk ruas tol di Jatim, Posko Nasional ESDM menyediakan KiosK di enam titik. Dua titik di ruas Kertosono-Mojokerto yakni di KM 678 dan KM 695. Ruas Wilangan-Ngawi dua titik KM 597 dan KM 629 serta masing-masing satu titik di ruas Tol Ngawi – Sragen KM 575 dan Surabaya – Mojokerto KM 725.

 “Total tambahan KiosK ada di 50 ruas tol di seluruh Indonesia untuk mengantisipai lonjakan pemudik pada libur Natal dan Tahun Baru,” kata Kepala BPH Migas, M. Fanshurullah Asa selaku Ketua Posko Nasional Sektor ESDM, Senin (24/12/2018).

KiosK Pertamax itu dibuka mulai tanggal 18 Desember 2018 – 8 Januari 2019. Selain penjualan BBM Pertamax, KiosK juga menyediakan layanan Pertamina untuk istirahat.

”Ada juga kursi pijat, manuman seperti kopi dan the,” ujar Direktur Logistik Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jawa Timur, Gandhi Sriwidodo saat menerima kunjungan Menteri ESDM di Kantor Terminal BBM (TBBM) Perak, Surabaya, Senin (24/12/2018).

Terkait jumlah konsumsi dan permintaan BBM, Pertamina MOR V memprediksi akan terjadi peningkatan selama masa libur Natal dan Tahun Baru hingga 7 persen. Prediksi kenaikan ini berdasarkan konsumsi normal sehari-hari yang dicatat oleh Pertamina untuk BBM jenis Premium, Pertalite, dan Pertamax.

“Realisasi konsumsi di Satgas, Natal 2018 ini akan ada peningkatan 7 persen. Kalau solarnya malah kami perkirakan turun,” ujar Gandhi.

Gandhi mengatakan, meningkatnya permintaan BBM itu banyak digunakan oleh pemudik yang datang ke Surabaya. Ditambah, wisatawan yang menuju jalur wisata di Jatim.

“Di Surabaya pemudik cukup banyak, di jalur wisata, di Malang, segala macam, kami akan tingkatkan suplai ke sana. Selain Surabaya, sepanjang wilayah ke Banyuwangi seperti penyeberangan Gilimanuk juga menjadi perhatian kami,” katanya.

Karena itu, Gandhi mengatakan, pihaknya akan menambah suplai BBM di beberapa daerah selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2019. Khususnya di jalur mudik dan jalur wisata. (sun/im)

Titik KiosK di ruas tol Surabaya-Solo:

  • KM 725 Tol Surabaya – Mojokerto
  • KM 678 Tol Mojokerto – Kertosono
  • KM 695 Tol Mojokerto – Kertosono
  • KM 597 Tol Wilangan – Ngawi
  • KM 626 Tol Wilangan – Ngawi
  • KM 575 Tol Ngawi – Sragen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here