Petani Dibantu Babinsa Koramil 0815/12 Ngoro Bersihkan Gulma Padi

IM.com – Petani Dusun Kecapangan Desa Ngoro Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto melakukan penyiangan tanaman padi. Pembersihan gulma dan rumput liar di lahan satu hektar yang ditanami padi varietas IR64 dibantu Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0815/12 Ngoro Serda Nuriadi.

Serda Nuriadi menuturkan, pembersihan rumput liar atau gulma pada tanaman padi yang berumur 20 hari milik H. Kasnuri, Anggota Kelompok Tani (Poktan) bagian perawatan.  “Keberadaan gulma ini tidak bisa dibiarkan karena sangat mengganggu tanaman induk (padi) terlebih pada masa pertumbuhan hingga pematangan. 

Masih tutur Babinsa, pembersihan gulma dapat dilakukan melalui penyiangan secara berkala, baik manual maupun semi mekanik. Bisa juga dengan penyemprotan menggunakan herbisida tertentu yang sudah direkomendasikan PPL atau BPP Dinas Pertanian.  

 “Gulma ini harus dibasmi, bila tidak akan mengakibatkan tanaman padi kekurangan unsur hara, air dan cahaya bahkan menghambat perkembangan anakan tanaman padi yang berdampak pada menurunnya produksi hasil panen,” tutur Serda Nuriadi. (penrem 082)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here