KPU Kota Mojokerto mendistribusikan kotak suara sehari menjelang pencoblosan Pemilu 2019 dari gudang KPU Kota Mojokerto dengan pengawalan ketat pihak Kepolisian. FOTO : martin

IM.com – Ketua KPU Kota Mojokerto, Saiful Amin Solihin memastikan pendistribusian kotak suara Pemilu 2019 ke Kelurahan di Kota Mojokerto aman.

Ada sekitar 2.165 kotak suara didistribusikan dari gudang KPU Kota Mojokerto di Jalan Benteng Pancasila, Kota Mojokerto, Selasa pagi (16/4/2019).

Distribusi menggunakan delapan truk box dan empat kendaraan pick up tertutup dengan pengawalan ketat dari Kepolisian. KPU Kota Mojokerto memastikan pendistribusian seluruh kotak suara  selesai satu hari.

“Karena wilayah kota Mojokerto kecil, memungkinkan pendistribusian kotak suara bisa selesai sehari,” ujarnya  di gudang KPU Kota Mojokerto.


Ditemani Ulil Abshor, Ketua Bawaslu Kota Mojokerto, Amin juga mengutarakan pertimbangan lain KPU Kota Mojokerto mendistribusikan kota suara sehari menjelang pencoblosan.

“Bila sudah didistribusikan sejak beberapa hari yang lalu, tentu kami harus memastikan ketersediaan ruangannya, kemudian keamanan baik dari faktor hujan atau yang lain. Juga nanti akan membutuhkan tenaga keamanan sendiri baik dari unsur KPU Kota Mojokerto dan Kepolisian,” ungkapnya. 

Hingga kini, KPU Kota Mojokerto juga memastikan belum mengalami kendala signifikan terkait pendistribusian kotak suara. Potensi – potensi kendala di lapangan sejauh ini sudah diantisipasi seperti gangguan cuaca dan akses jalan yang sempit.

“Makanya kami menggunakan truk box agar ketika cuaca kurang mendukung seperti hujan, kotak suara tetap aman. Sedangkan untuk mengakses Kelurahan yang akses jalannya sempit seperti di Juritan, pendistribusian menggunakan kendaraan kecil, ” beber Amin.

Setelah sampai di seluruh Kelurahan, selanjutnya kotak suara tadi didistribusikan ke 430 TPS dan tiga TPS tambahan berbasis Daftar Pemilih Tambahan. “Jadi total ada 433 TPS di Kota Mojokerto, tiga TPS tambahan berada di Lapas,” pungkasnya. (tin/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here