Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dan Wakil Walikota Achmad Rizal Zakaria berdialog dengan pedagang Pasr Loak di di Rumah Rakyat di Jalan Hayam Wuruk 50, Minggu malam (14/7/2019).

IM.com – Rencana relokasi pedagang loak di Pasar Prapanca, Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon ke Pasar Kliwon, masih menuai penolakan dari para pedagang dengan berbagai alasan. Para pedagang keberatan dipindahkan ke lokasi lain secara permanen. Bagaimana solusi yang ditawarkan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari?

Walikota Mojokerto menjelaskan, Pemkot saat ini sedang melakukan penataan pasar yang menjadi penopang ekonomi warga. Salah satu targetnya adalah Pasar Loak Prapanca.

“Pemkot mendapat bantuan dari Kemenperindag untuk merenovasi Pasar Prapanca. Desain kios dan bangunan pasar sudah ditentukan sesuai dengan anggaran dana dari pusat, sehingga tidak cocok lagi untuk pedagang loak,” kata walikota yang biasa disapa Ning Ita saat bertemu dengan sejumlah pedagang di Rumah Rakyat di Jalan Hayam Wuruk 50, Kota Mojokerto, Minggu malam (14/7/2019).

Pihaknya berjanji apabila dalam waktu satu tahun para pedagang mengalami penurunan penghasilan atau fluktuasi penjualannya sepi, maka pemkot akan memindahkan mereka dan Pusat Dagang Sepeda (PDS) ke lokasi baru yang memadai. Ning Ita menyebut lokasi baru yang disiapkan yakni di Jalan Ketidur, Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto.


Melihat penjelasan dari Ning Ita tadi, Pemkot Mojokerto dipastikan akan melarang Pasar Prapanca pasca renovasi nanti dijadikan tempat jualan barang-barang bekas (loak). Ning Ita mempertegasnya keinginannya nanti agar Pasar Prapanca bisa menjadi pusat kuliner.

“Satu lokasi pasar khusus untuk pedagang sejenis (loak), karena masih dalam proses penataan maka para pedagang direlokasi terlebih dahulu. Begitu juga nanti di Pasar Kliwon, pedagang yang tidak sejenis akan dipindahkan dari Pasar Kliwon,” ujarnya.

Wakil Walikota Achmad Rizal Zakaria dalam kesempatan yang sama menyampaikan, pasar loak adalah pasar yang memiliki ciri khusus yang mana pasar-pasar lain para pedagang harus mempromosikan dagangannya tetapi pasar loak akan tetap didatangi para pembeli dimanapun tempatnya.

“Karena ini sifatnya hanya sementara mari kita semua berdoa, berharap dan ber-husnudhon, semoga semua berjalan dengan baik, dengan berjulan di Pasar Kliwon rezeki akan semakin lancar,” ujar wakil walikota yang akrab disapa Cak Rizal. (im)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here