IM.com – Ketegangan pasca Pilpres 2019 akhirnya berakhir di hari ulang tahun Partai Amanat Nasional ke 21. Semua mencair dan saling mendo’akan ketika ketua dan perwakilan partai politik yang ada di Gresik berkumpul di kantor PAN guna menghadiri HUT partai berlambang matahari.

Khamsun Ketua DPD PAN Gresik mengatakan, Pileg dan Pilpres sudah selesai. Sekarang tidak ada lagi kubu 01, kubu 02, juga tidak ada kelompok cebong – campret, yang ada 03, yaitu apa? “Persatuan Indonesia,” spontan hadirin menjawab kompak.

Momen silaturahmi ini langka dan baru kali pertama berkumpul semua pasca Pilpres 2019, bahkan beberapa yang hadir langsung ketua partainya seperti Golkar, Demokrat, PKS, Gerindra, PSI, sementara PKB, Nasdem dan Berkarya diwakili pengurus lainya.

Hanya PPP yang tidak hadir, tetapi menurut Khamsun sudah minta ijin karena ada kegiatan internal yang bersamaan.


Bahkan beberapa partai yang hadir menuding PAN sengaja mengumpulkan partai politik di hari ulang tahunya untuk mengawali langkah koalisi menuju Pilkada Gresik 2020, apalagi ada Bakal Calon Bupati yang akan maju yaitu dr Alif dan Nurhamim juga hadir.

“Ini awal silaturahmi lahirnya Bupati Gresik dari sini,” ujar Syaicu Busiri perwakilan PKB dalam menyampaikan sambutan.

Sebelumnya semua perwakilan partai politik yang hadir di daulat menyampaikan sambutan, intinya mereka mengucapkan selamat atas ulang tahun PAN ke 21, bahkan diantara partai politik saling mendo’akan untuk kebaikan bersama. Dan silaturahmi antara partai semacam ini bisa dilakukan semua partai, tentu momen yang paling pas saat ulang tahun.

“Ini tonggak awal untuk persatuan, nanti gantian kami yang mengundang pas ulang tahun Demokrat,” kata Eddy Santoso ketua DPC Demokrat Gresik.

HUT PAN ke 21 sengaja dilakukan secara sederhana hanya tasyakuran dengan menyajikan 21 tumpeng, itupun dilakukan di kantor DPD PAN Gresik, karena memang momen ulang tahun bukan untuk hura-hura tetapi menjadi refleksi perjalanan PAN setelah menginjak remaja, sehingga dalam melangkah ke depan tetap bisa istiqomah memperjuangkan cita-cita reformasi.

Selain mengundang ketua parpol, HUT PAN yang dilakukan DPD Gresik juga dihadiri pengurus harian, DPC, DPRt, serta tokoh-tokoh pendiri PAN dan kelurga, termasuk mantan caleg-caleg yang bertarung di Pemilu 2019 dan anggota Dewan dari PAN 2019 – 2024 yang baru di lantik.

Karena menang acara ulang tahun kali ini sekaligus sebagai sebagai tasyakuran untuk anggota Dewan terpilih. Karena apapun hasilnya tetap harus disyukuri, meskipun PAN kursinya menurun dari 5 menjadi 3 tetapi ini sudah enjadi kehendak yang Maha Kuasa.

Bahkan menurut Khamsun, ini sudah garisnya dan tepat di ulang tahun ke 21 anggota Dewan dari PAN 3. “Kan 2 ditambah 1 jumlahnya 3,” ujarnya sambil bergurau. “Yang penting meskipun jumlahnya sedikit tetapi tetap komitmen memperjuangkan kepentingan masyarakat,” tandasnya. (uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here