Gugus Joko Waskito (kanan) saat menyambangi kediaman tokoh NU Mojokerto, KH Mansyur di Jolotundo, Kecamatan Trawas.

IM.com – Tokoh muda Nahdlatul Ulama Mojokerto, Gugus Joko Waskito, ikut bersaing memperebutkan tiket maju Pilkada Serentak 2020 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Mantan caleg DPR RI itu ingin menduetkan dua parpol basis massa NU untuk mensolidkan suara nahdliyin.

Soliditas warga nahdliyin diyakini dapat memperkuat NU sebagai organisasi masyarakat (ormas) Islam terbesar di tanah air. Terutama di Kabupaten Mojokerto, suara kaum nahdliyin bisa dibilang mendominasi kancah politik melalui dua parpol yang dibidik Gugus, PKB dan PPP.

PKB pemilik suara dan kursi terbanyak di DPRD. Sementara PPP menduduki peringkat enam dengan 6 kursi parlemen.

“Semangatnya agar partai yang berlatar belakang NU (PKB dan PPP) bisa menyatu untuk memperkokoh NU,” kata tim sukses Gugus Joko Waskito, Ahmad Afifuddin.

Afif, panggilan akrab Anggota DPRD Kabupaten Mojokerto itu, mengungkapkan, motivasi ini rupanya mendapat dukungan kuat dari para tokoh NU di Bumi Majapahit. Salah satunya oleh Ketua PC Muslimat NU Mojokerto Istatik Rodliyah yang disambangi Gugus di kediamannya, pada Rabu kemarin (3/6/2020).

“Dalam pertemuan ini, Cak Gugus banyak menerima pesan dari Ketua Muslimat NU agar memperkokoh NU di Mojokerto,” ujar Afif.

Kata Afif, pria kelahiran Desa Randubango, Mojosari itu untuk mendapatkan rekomendasi dari PKB dan PPP masih terbuka lebar. Afif menepis klaim sejumlah bakal calon lain yang mengaku telah mengantongi rekom dari kedua partai ‘Hijau’ tersebut.

“Ini (para bakal calon) masih digodok,” ujar Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Mojokerto itu.

Beberapa hari ini, Gugus memang terlihat aktif melakukan safari politik ke sejumlah tokoh NU dan beberapa kalangan di Mojokerto. Menurut Afif, kegiatan ini menjadi sarana Cak Gugus untuk menyerap ilmu dan aspirasi para tokoh. Selain, menunjukkan keseriusan yang kini menjabat Bendahara PP Jamiyyah Qurra Wal Huffadz PBNU itu berkompetisi di Pilkada Kabupaten Mojokerto, 9 Desember 2020 nanti.

Sebelumnya, Gugus yang pernah menjadi caleg PPP di Pemilu 2019 juga berkunjung ke kediaman Ketua Tanfidyah PCNU Mojokerto Abdul Adhim Alawiia. Serta ke rumah KH Mansyur, Jolundo, Trawas. Dalam safari politiknya, Gugus dikawal anggota Fraksi PPP DPRD Mojokerto Muhammad Afifuddin dan Gus Ubaidillah Zuhri. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here