Pengaspalan di ruas Gemekan, Jalan Raya Mojokerto-Jombang.

IM.com – Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali PPK 4.2 terus mempercepat perbaikan jalan rusak di sepanjang By Pass Mojokerto sampai Trowulan. Hingga Jumat (12/2/2021), panjang jalan yang diperbaiki sudah mencapai 6 kilometer.

PPK 4.2 Jatim bertugas melakukan perbaikan jalan sepanjang 145 kilometer di ruas Kertosono-Jombang-Mojokerto-Gempol. Sedangkan pembenahan di Jalan Raya By Pass Mojokerto yang mencapai 6 kilometer dilakukan selama tujuh hari.

“Perbaikan dilakukan di spot-spot yang urgent, parah dan bisa mengakibatkan kecelakaan,” kata Tim PPK 4.2 Merlan Effendi.

Menurutnya, pihaknya terus mengebut untuk memperbaiki jalan yang rusak sampai masuk wilayah Kabupaten Jombang untuk memenuhi target 15 hari kerja. Namun, kecepatan kerja timnya sangat tergantung dari sejumlah faktor di lapangan. (Baca: Pemprov Jatim Prioritaskan Perbaikan Jalan Berlubang Mojokerto-Jombang).

Ia menjelaskan, dalam memperbaiki jalan rusak, PPK 4.2 tidak sekadar menambal lubang, melainkan juga merekondisi seluruh badan jalan. Pihaknya menerjunkan 3 tim dengan alat berat, 4 tim untuk patching manual dan 7 tim pengendalian pohon.

“Tim itu bekerja secara simultan di lapangan sehingga seluruh perbaikan jalan bisa selesai dalam 15 hari kalender,” tuturnya.

Meski begitu, cuaca yang cukup ekstrim belakangan terakhir diakui akan menjadi kendala. Intensitas curah hujan yang tinggi akan memengaruhi kualitas aspal yang akan digunakan.

“Tergantung kondisi di lapangan dan hasil survey tim. Kalau hujan begini kita juga tidak berani produksi aspal banyak-banyak. Takutnya, aspal sudah stand by di lapangan, ternyata hujan tidak berhenti sampai malam. Lagi pula kalau aspal sudah dingin juga sudah tidak bisa dipakai,’’ terangnya.

Terpisah, Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah IV Provinsi Jatim, Nanang Permadi, menghimbau agar selama penanganan jalan hendaknya berhati-hati. Saat melintas di lokasi-pekerjaan sebaiknya memoerhatikan rambu-rambu yang dipasang. Selain itu, melalui selulernya, Jum’at (12/2/2021), Nanang berharap seluruh lobang jalan sudah selesai diperbaiki dalam 10 hari.

“Seminggu bekerja progresnya sudah bagus, do’akan agar dilancarkan di lapangan,” pungkas Nanang. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here