Ketua AKD Kabupaten Mojokerto 2021-2026 terpilih Agus Surayitno (kanan) dan Sekretaris Endik Sugiyarto menunjukkan mandat dukungan dari 15 kades.

IM.com – Agus Suprayitno terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) di Kabupaten Mojokerto. Kepala Desa Mojodadi, Kecamatan Kemlagi terpilih sebagai calon tunggal dengan mengantongi dukungan dari 13 kades.

Sedangkan 5 kades lainnya tidak menggunakan hak suaranya atau abstain.

“Dari 18 kecamatan, ketua terpilih aklamasi setelah mendapat rekom dari 13 PAC AKD atau 76 persen. Yang lima abstain,” ujar Sekretaris AKD Kabupaten Mojokerto Endik Sugiyarto.

Agus mengatakan, visi-misi AKD adalah untuk bersinergi dengan pemerintah daerah, provinsi hingga pusat. AKD, imbuhnya, akan mendukung pengembangan kualitas dan kepemimpinan kades.

“Minimal rekan-rekan kepala desa dapat bekerja optimal untuk membangun desanya masing-masing,” kata Agus usai Musda di Kantor DPRD Kabupaten Mojokerto, Sabtu (27/2/2021).

Kades yang akrab disapa Agus Cemani menegaskan, AKD juga bertujuan untuk mengupayakan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya dengan meningkatkan UMKM yang sesuai program dan visi misi Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati.

“Kita tindaklanjuti minimal seperti pariwisata, memberdayakan peternakan, termasuk ketahanan pangan. Nanti kita kawal visi misi ibu Bupati Mojokerto dan kita ingatkan demi kesejahteraan pedesaan,” cetusnya.

Selanjutnya, Agus bersama tim formatur akan membentuk kepengurusan AKD Kabupaten Mojokerto untuk lima tahu ke depan. “Nanti kita bahas bersama kepengurusan baru AKD, minimal (paling lambat) tiga minggu ke depan lah,” ujarnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here