Sebanyak 14 mahasiswa Papua yang menempuh pendidikan di Institut KH. Abdul Chalim (IKHAC), Pacet, Mojokerto, menyatakan komitmennya setia kepada NKRI dan mendukung program pemerintah.

IM.com – Kepolisian di Mojokerto dan Jombang serentak merangkul warga Papua yang merantau di wilayah tersebut, Jumat (12/3/2021). Mendapat kunjungan korps bhayangkara, warga Bumi Cenderawasih yang kebanyakan berstatus mahasiswa menegaskan komitmennya untuk setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Komitmen itu disampaikan mahasiswa Papua yang mengeyam pendidikan di Institut KH. Abdul Chalim (IKHAC), Dusun Bendorejo, Desa Bendunganjati, Kecamatan Pacet. Salah satu perwakilan mahasiswa menegaskan tidak akan ikut campur dalam kegiatan separatis sebagian masyarakat di Papua.

“Kami tidak akan ikut mencampuri urusan-urusan terkait hal-hal yang tidak diingikan yang terjadi di luar,” ujar perwakilan mahasiswa Papua Abdul Rizal Bauw di depan Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander.

Kapolres memimpin langsung jajarannya menyambangi mahasiswa Papua di IKHAC.

Lebih lanjut, Abdul Rizal menyatakan, akan mendukung program-program pemerintah di Bumi Papua. Ia dan teman-teman mahasiswa Papua lainnya berharap, aparat dapat menjaga keamanan dan toleransi kepada segenap masyarakat tanpa melihat latar belakang golongan dan etnis.

“Kami terima kasih kepada kapolres yang berkujung. Kami akan mendukung pemerintah,” ujar warga Sorong, Papua barat itu.

Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander mengatakan, kunjungannya ke IKHAC kali ini untuk memastikan kondisi 14 mahasiswa asal Papua yang masih menempuh pendidikan di wilayah Mojokerto. Dony berharap komunikasi, kolaborasi dalam mensuport kegiatan belajar mengajar bisa semakin membuat keakraban terjadi.

“Harapan saya semoga bisa belajar aman, tentram serta semoga hasil belajar dari sini bisa memajukan tanah Papua. Anggap kita sebagai kakak adik dan apabila ada kendala apapun agar bisa menghubungi kami,” papar Kapolres.

Usai mendapatkan kunjungan Kapolres Mojokerto, Abdul Rizal berkunjung ke Mapolresta Mojokerto. Ia diundang sebagai Qori’ (pelantun) ayat suci Al Quran dalam acara Qiratul Qur’an untuk memperingati Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW 1442H/2021 M, di Lapangan Patih Gajah Mada, Mapolresta Mojokerto, Jumat (12/3/2021). (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here