Kondisi bagian depan bus PO Restu Nopol N 7108 UG yang hancur usai menabrak truk tronton Nopol W 8380 E memuat besi Tol Sumo KM +736/200, Kamis (18/3/2021) pagi sekitar pukul 10.00 WIB. (Kolase foto PJR Ditlantas Polda Jatim).

IM.com – Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) menabrak truk tronton di Tol Surabaya-Mojokerto (SuMo), Kamis (18/3/2021) pagi mengakibatkan satu orang tewas. Sementara empat penumpang mengalami luka.

Korban tewas di lokasi kejadian merupakan kernet bus asal Lohceret, Kabupaten Nganjuk, Angga Dwi Cahyo.  Sedangkan empat penumpang yang luka yakni Muslimah, Zaura Anam dan Triyatno warga Wonogiri, serta Mujiono asal Sidosermo, Surabaya dilarikan ke RS Siti Khodijah, Krian, Sidoarjo.

Kecelakaan melibatkan bus patas dengan Nopol N 7108 UG dengan truk tronton Nopol W 8380 E yang memuat besi terjadi di KM +736/200, Kamis pagi sekitar pukul 10.00 WIB. Bus PO Restu jurusan Ponorogo-Madiun-Surabaya yang dikemudikan Arief Edi Santoso, warga Banyu Urip ini melaju menuju Surabaya. Sedangkan satu unit.

Dari arah yang sama, truk tronton juga melaju di lajur lambat. Sesampainya, di KM 736/200 bus Restu tiba-tiba menghantam bagian belakang truk tronton.

“Bus Restu dari arah barat melaju dengan kecepatan tinggi, kami menduga pengemudi kurang konsetrasi sehingga menabrak bodi belakang truk tronton. Ini mengakibatkan pengemudi tronton tidak bisa mengendalikan laku kendaraannya hingga masuk parit,” kata Kanit PJR 3 Jawa Timur Iptu Imam S.R.

Setelah menabrak truk, bus terhenti di lajur cepat. Sedangkan truk yang ditabrak terguling hingga keluar hingga keluar jalan.

Imam menduga, kecelakaan terjadi akibat sopir bus lelah atau mengantuk.

“Hasil analisa, laka lantas terjadi akibat sopir Bus Restu diduga lelah atau mengantuk dan kurang konsentrasi,” ujarnya.

Akibat kecelakaan ini, penumpang bus yang selamat dipindahkan ke bus lain dengan tujuan Surabaya. Termasuk sopir bus Restu. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here