Sebanyak 50 warga Lingkungan Sidomulyo Gg 3 dan 4, Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto, dievakuasi ke RSUD dan tempat karantina Rusunawa Cinde setelah diketahui positif Covid-19 berdasar tes swab dan sebagian reaktif dari hasil rapid antigen.

IM.com – Kasus Covid-19 di klaster baru Lingkungan Sidomulyo, Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto melonjak menjadi 50 orang terkonfirmasi positif.  Puluhan warga itu diduga terjangkit coronavirus varian baru.

Dugaan peneybaran Covid-19 strain baru itu dilihat dari proses penularan yang berlangsung cepat menjangkiti 47 warga Sidomulyo. Untuk memastikannya, Satgas Covid-19 telah mengirim sampel sampel ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya.

“Dalam waktu yang sangat singkat, dua gang ini (Sidomulyo Gg 4 dan 3) begitu banyak orang terinfeksi dan tertular,” kata Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, Rabu (16/6/2021).

Baca: Lima Warga Positif Covid-19, Sidomulyo Gg 4 Lockdown


Sebanyak 50 warga Lingkungan Sidomulyo Gg 3 dan 4, Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto, dievakuasi ke RSUD dan tempat karantina Rusunawa Cinde setelah diketahui positif Covid-19 berdasar tes swab dan sebagian reaktif dari hasil rapid antigen.

 

Sebanyak puluhan warga Lingkungan Sidomulyo dinyatakan terkonfirmasi positif hanya dalam sepekan hari terakhir, tiga orang  di antaranya meninggal dunia akibat Covid-19. Mulanya, berdasar hasil tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR) dan antigen, hanya lima orang yang terpapar Covid-19 pada Sabtu (12/6/2021).

Satgas Covid-19 kemudian melakukan tracing terhadap warga Sidomulyo Gg 4 yang pernah menjalin kontak dekat dengan kelima orang tadi. Hasilnya, sebanyak 39 orang terdeteksi memiliki gejala ringan hingga berat yang dievakuasi ke RSUD Dr Wahidin Sudirohusodo dan tempat karantina Rusunawa Cinde pada Selasa (16/6/2021).

“Kami memperluas tracing terhadap 96 orang di Sidomulyo Gg 4 sampai Gg 3. Hingga tadi (Selasa) malam, jumlah yang sudah diketahui positif 50 orang, di luar itu negatif,” kata Person In Charge (PIC) Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19 Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, Rabu (16/6/2021).

Gaguk menambahkan, sebanyak 44 warga dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab PCR. Sementara enam warga orang lainnya diketahui reaktif Covid-19 dari hasil rapid tes antigen.

“Enam orang itu akan dilakukan swab PCR hari ini untuk memastikan positif atau tidak,” ujar Gaguk.

Calon Sekda Kota Mojokerto itu menyatakan, warga yang menjalani tes swab PCR dan rapid tes antigen memang memiliki riwayat kontak erat dengan dan lima warga setempat yang terkonfirmasi Covid-19 yang saat ini tengah menjalani perawatan di rumah observasi Rusunawa Cinde. Sebanyak 96 orang yang sudah ditracing itu sebagian besar adalah warga Lingkungan Sidomulyo Gang 4.

Terkait gejala varian baru Covid-19 yang menginfeksi warga Sidomulyo, Gaguk belum bisa memastikannya. Pihaknya masih melakukan pemeriksaan klinis, termasuk  untuk mengetahui penyebab penyebaran virus yang berlangsung cepat.

“Kami masih menganalisis penyebab virus menyebar cepat. Apakah akibat kegiatan warga yang menimbulkan kerumunan atau memang lingkungannya yang padat,” tegas Gaguk.

Sampai saat ini, Lingkungan Sidomulyo Gg 4 Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto, masih di-lockdown. Petugas kepolisian dan Satpol PP berjaga ketat di depan pintu masuk gang yang ditutup pagar besi. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here