Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati (kanan) menyerahkan SK pengangkatan Teguh Gunrko (kiri) usai pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Sekdakab di Pendapa Graha Majatama Senin (11/10/2021).

IM.com – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati melantik Teguh Gunarko sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto di Pendapa Graha Majatama Senin (11/10/2021) siang. Pejabat yang sebelumnya menduduki kursi Kepala Dinas Pertanian (Disperta) itu dilantik usai mengungguli lima kandidat lain dalam seleksi jabatan tinggi pratama.

Pengangkatan Teguh Gunarko sebagai Sekdakab disahkan melalui Surat Keputusan Bupati Mojokerto Nomor 821.2/521/HK/416-012/2021. Bupati Ikfina menyatakan, proses memilih sekdakab sudah sesuai dengan tahapan seleksi, kompetensi, dan ketentuan berlaku.

“Semua proses ini diperlukan untuk menghasilkan sekdakab yang cerdas, berintegritas, dan mampu menerjemahkan kebijakan daerah yang termuat dalam RPJMD,” katanya, Senin (11/10/2021).

Acara pelantikan disaksikan Ketua DPRD Ayni Zuroh, Akhmad Jazuli Staf Ahli Gubernur Jawa Timur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Gaguk Tri Prasetyo Sekdakot Mojokerto, OPD beserta segenap unsur Forkopimda Mojokerto.


Ikfina berpesan mengatakan bahwa pengambilan sumpah jabatan kali ini menandai  terisinya jabatan paling bergengsi di lingkungan birokrasi Pemkab Mojokerto secara definitif. Pelantikan Teguh Gunarko diharapkan dapat memimpin roda pemerintahannya yang lebih terarah sesuai tujuan reformasi birokrasi.

“Sekdakab adalah jabatan strategis karena bertugas membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan pengorganisasian administrasi perangkat daerah. Sekdakab juga sebagai motor penggerak OPD, harus bisa memenuhi core value/nilai dasar ASN yakni Berakhlak (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif). Terima kasih juga saya ucapkan kepada Bapak Himawan Estu Bagijo, atas dedikasi terbaiknya selama menjabat Pj Sekdakab Mojokerto,” kata bupati.

Terpisah, Himawan Estu Bagijo mengucapkan terima kasih atas keaktifan semuanya dalam memantau proses seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama Sekdakab Mojokerto. Himawan yakin, Teguh Gunarko akan memberikan dedikasi terbaikanya dalam mendampingi Bupati Mojokerto dalam memimpin pemerintahan.

“Pengisian jabatan sekdakab prosesnya memang cukup lama melalui mutasi dan rotasi. Nilai penilaian seleksi bersifat murni dan terbuka. Semua juga ikut mengawasi. Selain itu, dipertimbangkan juga rekam jejak kinerja, hingga siang ini Bapak Teguh Gunarko terpilih dan dilantik mendampingi Bupati Mojokerto untuk menerjemahkan sasaran pembangunan,” kata Himawan.

Selanjutnya Teguh Gunarko mengaku telah memiliki rencana kerja dalam tugasnya mendampingi Bupati Ikfina Fahmawati. Ia menyatakan siap membantu bupati dalam merumuskan berbagai kebijakan daerah dalam tupoksinya sebagai Sekdakab sesuai UU Nomor 23 tahun 2014.

“Sekda adalah pembantu kepala daerah dalam merumuskan kebijakan daerah, maupun perangkat daerah terkait administratif. Dalam waktu dekat, kita akan bahas P-APBD 2021 dan APBD 2022, serta tetap fokus pada penanganan dan penanggulangan pandemi Covid-19,” tegas Teguh. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here