Kondisi kios milik Manah di Pasar Kedungmaling, Kecamatan Sooko, Mojokerto, yang hangus usai dilalap si jago merah, Senin (18/7/2022) malam.

IM.com – Kebakaran dua kios di Pasar Kedungmaling, Kecamataan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Senin (18/7/2022) malam menjadi pelajaran bagi semua pihak. Pemerintah akan mengevaluasi lagi sarana prasarana sembari melakukan sosialisasi kepada para pedagang terkait penanganan tanggap darurat bencana kebakaran.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mojokerto, Iwan Abdillah menyatakan, pihaknya akan mengecek ulang ketersediaan sarana dan prasarana di pasar. Menurutnya, selama ini sistem pencegahan dan penanggulangan dini kebakaran di Pasar Kedungmaling sudah sesuai prosedur tanggap darurat.

“Apar juga kemarin berfungsi dengan baik. Mestinya hydrant juga ada di sana, tapi nanti saya cek lagi,” kata Iwan saat dihubungi, Selasa (19/7/2022).

Ia juga memastikan, petugas keamanan dan kebersihan pasar sudah menjalankan tugasnya secara rutin. Selain itu, ada petugas yang mengecek kondisi instalasi listrik.


“Petugas kebersihan dan keamanan sudah bekerja sesuai fungsinya. Bahkan ada juga yang khusus memastikan instalasi listrik,” tandasnya.

Menurut Iwan, peristiwa kebakaran yang melahap dua kios akibat kelalaian pedagang. Kios terbakar saat ditinggal pemiliknya, Sudik dan Rusmiati pergi kondangan.

“Kejadian kebakaran kemarin karena kelalaian pedagang. Ini menjadi pelajaran bagi kita semua agar tidak teledor lagi,” tukasnya.

Iwan menyatakan, akan melakukan sosialisasi kepada para pedagang di pasar agar selalu waspada terhadap risiko kebakaran. Dalam waktu dekat, pihaknya berkoodinasi dengan Badan Penanggulangan Bendana Daerah (BPBD) untuk memberikan edukasi terkait antisipasi dan tanggap darurat kebencanaan, terutama menyangkut kerawanan kebakaran kepada para pemilik kios.

“Kita akan sosialiasi dan memberikan edukasi kepada para pedagang terkait risiko-risiko kebakaran. Sebelum tutup atau meninggalkan kiosnya, dipastikan dulu sambungan listriknya aman, kompor sudah mati,” tuturnya.

Seperti diberitakan, Pasar Kedungmaling, Kecamatan Soooko, Kabupaten Mojokerto terbakar, Senin (18/7/2022) malam sekitar pukul 19.30 WIB. Kebakaran meludeskan dua kios. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here