Petugas Dinas Perhubungan dan LLAJ melaksanakan upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) di halaman Pendopo Pemkab Mojokerto, Senin (19/9/2022).

IM.com – Pemerintah Kabupaten Mojokerto berkomitmen meningkatkan sarana prasarana lalu lintas, keselamatan, keamanan, serta mendorong PMI lebih profesional di tengah masyarakat. Tantangan di sektor transportasi juga menjadi perhatian pemda untuk dihadapi bersama stakeholder.

sektor transportasi yang memiliki kontribusi yang besar serta adanya adanya gejolak dari para pengemudi angkutan barang maupun angkutan penumpang terhadap kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dapat dikomunikasikan dan diselesaikan dengan baik.

Demikian komitmen yang ditegaskan Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati saat memimpin upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2022 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Palang Merah Indonesia (PMI) di halaman Pemkab Mojokerto, Senin (19/9/2022). Forkopimda Kabupaten Mojokerto bersama insan perhubungan dan jajaran PMI Kabupaten Mojokerto mengikuti kegiatan ini.

Bupati Ikfina menyampaikan, apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh insan transportasi dan seluruh jajaran PMI dalam menghadapi tantangan dan krisis kemanusiaan yang dihadapi saat ini. Ia bersyukur, sektor transportasi yang memiliki kontribusi yang besar serta adanya adanya gejolak dari para pengemudi angkutan barang maupun angkutan penumpang terhadap kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dapat dikomunikasikan dan diselesaikan dengan baik.


“Untuk itu, izinkan saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh Insan transportasi dan jajaran PMI dimanapun berada,” ucapnya.

Di tengah pencapaian yang baik ini, Ikfina menilai, masih banyak hal yang harus benahi, seperti pembangunan yang harus dituntaskan untuk meningkatkan konektivitas di seluruh wilayah Kabupaten Mojokerto. Serta masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) untuk meningkatkan keselamatan transportasi, dimana kejadian kecelakaan lalu lintas masih sering dijumpai serta kondisi sarana prasarana lalu lintas yang dirasa masih kurang memadai.

“Sehingga Pemerintah Kabupaten Mojokerto akan terus berupaya dari tahun ke tahun untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan mencukupi sarana prasarana lalu lintas, dengan harapan tingkat keamanan dan keselamatan masyarakat Kabupaten Mojokerto selaku pengguna jalan dapat terjamin, dan secara bahu membahu kita perlu mendorong peran PMI tampil lebih profesional ditengah tengah masyarakat serta tantangan-tantangan lainnya,” jelasnya.

Ikfina mengutip tema nasional Harhubnas 2022 ”Bangkit Maju Bersama”. Menurutnya tema itu memiliki makna bahwa tantangan di era sekarang tidak akan bisa dihadapi tanpa kolaborasi, tanpa sinergi antara pemangku kepentingan di sektor transportasi.

“Kita tidak akan cepat bangkit jika kita tidak bersama, tidak bersatu,” cetusnya.

Selain itu, dalam memperingati HUT PMI ke-77 dengan mengusung tema ‘Bangkit maju bersama terus tebarkan kebaikan, Bupati perempuan pertama Kabupaten Mojokerto mengharapkan, agar kedepannya PMI Kabupaten Mojokerto dapat terus meningkatkan pelayanan bagi seluruh masyarakat.

“Mari terus bergerak bersama dengan terus tebar kebaikan. PMI di setiap tingkatan diharapkan terus mengedepankan kegiatan yang berfokus kepada layanan masyarakat  dan terus menebar kebaikan atau manfaat bagi masyarakat banyak,” harapnya.

Sementara untuk mewujudkan masyarakat Mojokerto yang maju, adil dan makmur, Ikfina mengimbau, agar para pemangku kepentingan memiliki semangat yang sama untuk melaksanakan berbagai pelayanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat.

“Tidak terlalu banyak acara pertemuan-pertemuan atau rapat-rapat, tapi lebih kepada penguatan kapasitas dan aksi nyata, agar dapat melakukan pelayanan yang cepat dan profesional untuk kemanusiaan demi terwujudnya masyarakat Mojokerto yang maju, adil dan makmur, sesuai cita-cita kita bersama,” harapnya.

Bupati Ikfina juga menyampaikan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dukungan, kerjasama, soliditas dan sinergitas semua pihak yang mendukung pelaksanaan upacara Harhubnas tahun 2022 dan HUT ke-77 PMI di halaman pemkab Mojokerto.

Dalam kesempatan itu, Bupati Ikfina menyerahkan berbagai penghargaan yakni peran aktif dalam membantu Pemkab Mojokerto untuk mencukupi persediaan kebutuhan darah. Untuk kategori tempat rutin pelaksanaan donor darah setiap 3 bulan sekali diberikan kepada Yonif Para Raider 503 Mayangkara dan Rumah Sakit Sakinah.

Kemudian penghargaan dalam membekali karyawan dengan keterampilan pertolongan pertama korban kecelakaan (First Aid) kepada PT. Lautan Natural Krimerindo (LNK). Penghargaan untuk SMA Negeri 1 Mojosari dalam melaksanakan pendidikan Palang Merah Remaja (PMR), serta penghargaan kepada staf PMI Didik Sudarsono, yang telah mengabdi selama 25 tahun. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here