Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto didampingi istri dan jajaran pejabat utama meresmikan penyaluran bantuan air bersih dalam rangka HUT Bhayangkara ke-77 di Dusun/Desa/Kecamatan Jatirejo, Mojokerto, Senin (19/6/2023).

IM.com – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Harmanto bersama Pejabat Utama Polda Jatim melaksanakan program bantuan air bersih, serta program bedah rumah di Desa/Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Senin (19/6/2023). Kegiatan bakti sosial (baksos) ini dilaksanakan seluruh institusi Polri secara serentak yang dipantau langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melalui video conference.

Baksos Polri dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-77. Polda Jawa Timur sendiri melaksanakan program ini di sejumlah titik wilayah Jatim, salah satunya di Desa/Kecamatan Jatirejo, Mojokerto.

Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto menjelaskan, untuk bantuan air bersih tersebar di tiga titik lokasi. Yakni di Desa/Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto; Desa Kokop, Kecamatan Kokop, Kabupaten Bangkalan dan Desa Kendung, Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro.

Bantuan air bersih di Desa Jatirejo dapat mengairi tiga dusun, yaitu Dusun Jatirejo, Dusun Randengan dan Dusun Mrisen. aliran air bersih itu setidaknya bisa menjangkau sekitar  2.967 jiwa warga.

“Sekali lagi saya berharap ini juga menjadi satu langkah mendekatkan tugas-tugas kepolisian dengan warga masyarakat,” kata Irjen Pol Toni Harmanto saat meresmikan bantuan air bersih di Desa Jatirejo, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.

Untuk Baksos Religi, lanjut Kapolda, meliputi pembersihan atau perawatan bangunan di lingkungan rumah ibadah Masjid, Pura, Gereja, Wihara dan Kelenteng. Kegiatan itu sudah dilaksanakan di seluruh lingkungan Polda Jawa Timur dan Polres jajaran.

Selanjutnya untuk kegiatan Bansos dalam rangka hari Bhayangkara ke-77 juga telah dilaksanakan, dengan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sebelum ada program Air bersih ini, masyarakat hanya mengandalkan bantuan air tangki dan aliran sungai Mrisen, apabila musim kemarau air sungai mengalami kekeringan, sehingga dengan dibangunnya fasilitas air bersih berupa pengeboran sumur bor ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di tiga Dusun tersebut, yang kurang lebih terdapat 2967 jiwa penduduk.

Dalam kesempatan ini, Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto juga menjelaskan, bahwa ini hasil pemetaan yang dilakukan dalam rangka kegiatan Bakti sosial dan Bantuan Sosial, hari ini kebetulan di Mojokerto, dan dua tempat lain juga ada, yaitu di Bangkalan dan Tuban.

“Kita berharap betul kegiatan kepolisian hari ini, walaupun sudah dilakukan pada beberapa waktu yang lalu disaat menjawab persoalan kesulitan masyarakat terhadap air bersih,” jelasnya.

Kegiatan bedah rumah untuk Anggota/ASN Polri/Warakawuri di 6 lokasi:

  1. Rumah milik Suwandi (PHL) Polsek Sukun Kota Malang, di Jalan Klayatan Gang 3 Melati RT 1 / RW 2 Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Kota Malang.
  2. Rumah milik Roni Wijaya (PHL) Polresta Malang Kota, di Jalan Bandulan Gang 6 RT 9 / RW 3 Bandulan, Kota Malang.
  3. Rumah milik Srianah (Warakuwari) Brimob, di Jalan Bandulan Gang 6 RT 9 / RW 3 Bandulan, Kota Malang.
  4. Rumah milik Abdul Gofur (PHL) Polres Pasuruan, di Dusun Krajan Wetan, RT 004 / RW 001 Puspo, Kabupaten Pasuruan.
  5. Rumah milik Pengatur Gatot Efendi (ASN Polri) di Kelurahan Kedungombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.
  6. Rumah milik Herawati (Warakawuri) Sidotopo lor 1/32 RT 3 / RW 2 Semampir, Surabaya. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini