Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dan Walikota Ika Puspitasari mendampingi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berkunjung ke Museum Trowulan, Selasa (20/6/2023).

IM.com – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berkunjung ke Museum Trowulan dengan didampingi Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dan Walikota Ika Puspitasari. Dalam kunjungan itu, ia mengagumi kecermatan museum ini yang mampu terus melestarikan bukti sejarah Kerajaan Majapahit dengan baik.

Kunjungan menteri PMK ke Museum Majapahit Trowulan itu usai menghadiri perayaan HUT Kota Mojokerto di alun-alun Wiraraja, Selasa, (20/6/2023) siang. Muhadjir beserta rombongan berkeliling menikmati koleksi benda purbakala berupa artefak dan penemuan arkeologi yang ada di dalam Museum.

Menko PMK dan rombongan begitu antusias melihat situs peninggalan Kerajaan Majapahit yang terawat baik. Mereka dipandu petugas museum menuju ke ruang koleksi batu dan tanah liat.

Di dalam ruang koleksi tersebut disampaikan tentang sejarah kerajaan Majapahit dan pengembangan kawasan cagar budaya Trowulan. Satu per satu, bukti peninggalan kebesaran Majapahit ini dilihat, mereka juga cukup serius dan kagum saat mendengarkan penjelasan dari pemandu wisata sejarah dan  cagar budaya ini.

Di dalam museum, Menko Muhadjir juga dipandu berkeliling melihat koleksi peninggalan Majapahit yang beragam dengan sejarah kebesarannya. Kunjungan Museum Majapahit ini berlangsung sekitar satu jam. Kemudian, jamuan diakhiri dengan wisata kuliner khas Mojokerto yang dimiliki oleh Trowulan yakni sambal wader, yang berada di dekat kolam Segaran, Desa Trowulan. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini