Acara bertajuk Dialog Interaktif Etika Peliputan dalam Pemilu 2024 digelar di smart room Satya Bina Karya (SBK) kantor Pemkab Mojokerto, Kamis (30/11/2023) siang.

Sementara itu, Machmud selaku perwakilan PWI Jatim menyampaikan poin-poin penting terkait peran penting pers dalam mendukung pemilu berkualitas. Antara lain memberi pendidikan tentang demokrasi dan pemilu sekaligus edukasi agar terhindar dari informasi keliru.

“Termasuk menyediakan informasi tentang tahapan perkembangan pemilu, partai dan  para kandidat, serta mencegah disintegrasi akibaf politik identitas dan lainnya,” papar Wakil Ketua PWI Jatim tersebut.

Dalam menjalankan peran itu, media harus patuh pada kode etik jurnalistik. Antara lain yakni prinsip independensi pers dan wartawan, imparsialitas atau ketidakberpihakan pada kubu tertentu, serta keberimbangan informasi.

Poin-poin ini juga menjadi perhatian Jainul dari KPU. Media harus memberi porsi pemberitaan berimbang dengan ketentuan-ketentuan tertentu selama masa kampanye yang saat ini berlangsung.

Dialog interaktif ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara panelis dengan peserta. Acara ditutup dengan pembacaan dan penandatanganan deklarasi damai Pemilu 2024. (im)

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini