Ratusan jemaah lansia thoriqoh saat mengaji di Masjid Jami Roudlotul Arifin Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang./Karimatul Maslahah/

IM.com – Pondok ramadan lansia jamaah thoriqoh di Masjid Jami Roudlotul Arifin Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur hingga kini masih eksis. Peminatnya bertambah mencapai ratusan per tahun.

Pantauan di lokasi, tampak ratusan lansia dengan usia rata rata di atas 50 tahun tampak kusyu mengikuti rangkaian ibadah. Ada yang mendengarkan ceramah, wiritan hingga salat sunah.

Ketua Pelaksana Ponpes Lansia jamaah thoriqoh Ustadi Effendi menyanpaikan, pondok lansia di Desa Cukir dimulai sejak 1980.

”Sampai saat ini tetap berjalan. Tahun ini ada 187 jemaah yang mengikuti diantaranya enam laki laki dan 181 dari kalangan ibu-ibu,’’ ujar dia. Rabu (27/3/2024).

Jamaah tak hanya dari sekitar Jombang, Effendi menyebut, ada sebagian dari Malang, Yogyakarta, bahkan luar Jawa seperti Kalimantan dan NTT.

”Tahun ini juga ada satu dari Belanda. Kebetulan dia sambang saudaranya di Jombang kemudian ikut pondok lansia ini,’’ jelas dia.

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini