Wonosalam Jombang
Wonosalam Jombang.

IM.com – Rekomendasi tempat wisata dan kuliner di Kabupaten Jombang, yang cocok untuk mengisi libur Lebaran Idulfitri 2024 bersama keluarga.

Sebenarnya ada banyak tempat wisata dan kuliner yang enak dan wajib dikunjungi saat Anda datang ke Kabupaten Jombang.

Namun, kali ini kita akan bahas rekomendasi tempat wisata sekaligus kuliner, khusus di wilayah Kecamatan Wonosalam serta Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.

Terlebih saat ini sudah memasuki masa libur mudik lebaran 2024, sehingga bagi kalian yang mudik ke Kabupaten Jombang bisa banget melipir ke salah satu tempat makan yang akan kami rekomendasikan.

Atau bagi kalian yang melintasi wilayah Kabupaten Jombang, bisa banget meluangkan waktu sejenak untuk menikmati kuliner yang enak sekaligus menikmati pemandangan alam di Kecamatan Bareng dan Wonosalam, Jombang.

Berikut rekomendasi tempat wisata maupun kuliner yang tersebar di wilayah Bareng serta Wonosalam.

1. Wisata Pandan Sili

Tempat wisata ini berada di Desa Ngampungan, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.

Wisata Pandan Sili buka pada Lebaran plus dua. Dengan tiket masuk Rp 10 ribu per orang. Sementara, biaya parkir untuk motor Rp 3 ribu dan mobil Rp 5 ribu.

Bagi kalian yang mau mampir ke wisata Pandan Sili Jombang bisa mengikuti petunjuk google Maps berikut.

Rute klik disini

2. Wisata Bale Tani

Lokasi wisata ini berada di Desa Banjar Agung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.

Buka pada Lebaran plus satu. Dengan tiket masuk Rp 10 ribu per orang.

Rute klik disini

3. Warung Tanjung Dhahar

Tempat kuliner yang cocok kalian kunjungi saat melintas di wilayah Kecamatan Bareng.

Warung Tanjung Dhahar yang berada di Desa Tebel, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang ini memiliki arsitektur bernuansa Jawa dan cukup nyaman digunakan bersantai bersama keluarga.

Hanya saja, tempat parkir mobil di lokasi ini kurang luas. Namun, kalian yang membawa kendaraan roda empat bisa parkir di tepi jalan raya.

Saat Lebaran Warung Tanjung Dhahar Bareng, Kabupaten Jombang buka pada H+3.

Berikut rutenya klik disini

4. Wisata Kandang Sapi (Kansa) Wonosalam

Lokasi yang satu ini cukup direkomendasikan sebagai salah satu tempat libur bersama keluarga tersayang.

Berada di Dusun Tukum, Desa Wonosalam, Jombang. Kansa bisa menjadi pilihan tempat mengisi libur Lebaran kalian hanya dengan membayar tiket masuk Rp 20 ribu per orang.

Wisata Kandang Sapi Wonosalam mulai buka normal pada 11 April 2024. Berikut rute menuju Kansa. Klik disini untuk rutenya.

5. Banyumili Wonosalam

Berada di Dusun Gondang, Desa Carang Wulung, Kecamatan Wonosalam, Jombang. Tempat wisata ini mulai buka saat libur Lebaran pada 12 April 2024.

Bagi pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati makanan di Banyumili, Wonosalam cukup membayar Rp 10 ribu untuk biaya masuk per orang.

Rute klik disini

6. Bajak Laut 2 Wonosalam

Wisata Bajak Laut 2 merupakan salah satu obyek wisata baru di Wonosalam Jombang dengan konsep wisata air dilengkapi ornamen ornamen bajal laut.

Disana kalian akan dimanjakan berbagai wahana permainan air dan spot foto seolah olah sedang berada di dalam film Pirates Of The Caribbean. Rute klik disini

7. Wisata Bukit Matahari

Bukit Matahari merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Tempat wisata ini menawarkan view dan keindahan alam yang sejuk. Nampak indah dipandang dan representatif untuk dikunjungi.

Rute klik disini

8. Air Terjun Tretes Pengajaran Wonosalam

Air terjun yang terletak di Dusun Pengajaran, Desa Galengdowo, tersebut memiliki pesona alam yang cukup memikat.

Air terjun limpahan dari hulu Sungai Sumber Watu Bonakah tersebut sangat dingin dan segar. Pengunjung akan merasa betah saat berendam di dalam kolam di air terjun.

Spot-spot foto yang disajikan di objek wisata itu juga Instagrammable.

Untuk menuju Air Terjun Tretes dari titik pemberhentian terakhir, yakni Dusun Pengajaran, wisatawan harus menempuh jarak sepanjang 3,5 kilometer melalui jalan setapak yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.

Rute klik disini

9. Asriloka Wonosalam

Tak hanya menyajikan keindahan alam Asriloka Wonosalam juga menawarkan beragam kegiatan outbound yang seru.

Banyak spot-spot instagramable yang tersebar di Asriloka. Dari taman bunga warna-warni hingga area kolam renang yang cukup jernih.

Penginapan yang nyaman di Asriloka bisa membuat wisatawan istirahat yang sempurna dengan pemandangan alam yang mempesona di sekitar penginapan.

Klik disini untuk rutenya

10. Tanah Senja

Salah satu kedai kopi di Wonosalam, dengan nuansa classic wood. Bangunan dibuat seperti bangunan di dalam hutan.

Namanya Kedai Tanah Senja yang berada di Desa Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Silakan tekan tombol ini untuk rutenya

11. Sinai Cafe

Sinai cafe yang berada di Desa Wonosalam, Kabupaten Jombang menjadi salah tempat terviral di kalangan anak muda. Karena, banyak pot foto yang estetik, membuat daya tarik sangat kuat bagi pengunjung.

Selain itu, dilengkapinya berbagai fasilitas seperti pentas musik, tempat bermain bagi anak-anak, mushola dan toilet, menjadi nilai positif dalam pemenuhan dan pelayanan para pengunjung.

Menu yang disajikan dalam Sinai cafe ini juga mempunyai karakter tersendiri, terutama dalam produk racikan kopi asli dari Wonosalam.

Rute ke Sinai Cafe klik disini

12. De Durian Park Wonosalam

De Durian Park yang ada di Desa Carang Wulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang tidak hanya menjadi tempat wisata saja.

Lokasi ini seringkali menjadi pilihan untuk menjadi tempat kegiatan. Diantaranya, kampus alam, outbond, pelatihan, dan seminar.

Di De Durian Park Wonosalam saat ini juga sudah ada cafe untuk tempat nongkrong para wisatawan, yang ingin menikmati kopi maupun durian khas lereng Gunung Anjasmoro.

Rute klik aja disini

13. Agrowisata Duran Duren Wonosalam

Agrowisata Duran Duren Wonosalam merupakan destinasi wisata baru di kota Jombang.

Terletak di pegunungan, menawarkan pemandangan alam yang indah. Menyajikan view perbukitan dengan pepohonan hijau yang asri.

Mengusung konsep wisata pegunungan dan edukasi yang dihiasi tanaman serta memiliki kebun durian. Ada juga beragam wahana seru seperti taman bermain anak, spot hobbit town hingga kebun binatang mini.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, juga tersedia Cottage (penginapan) ala rumah panggung lengkap dengan fasilitasnya.

Rute klik disini

14. Wisata Edukasi Dalem Simbah

Wisata edukasi bisa menjadi referensi ketika musim liburan tiba, seperti momen libur Lebaran. Dengan berwisata edukasu bisa menambah wawasan kepada wisatawan perihal-hal berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan budaya.

Salah satunya wisata Dalem Simbah yang ada di Carang Wulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Objek wisata edukasi Jombang ini mempunyai berbagai benda-benda kuno bersejarah yang bisa ditemui oleh para wisatawan. Wisata edukasi Dalem Simbah menjadu objek wisata cocok bagi para pecinta budaya dan sejarah.

Rute Dalem Simbah klik disini

15. Pawon Djowo Wonosalam

Pawon Jowo Wonosalam merupakan rekomendasi wisata yang bisa kamu coba.

Mematok harga yang relatif murah dan terjangkau, tempat makan ini selalu ramai pengunjung.

Beberapa menu yang tersedia di warung ini adalah sego tiwul, tempe mendoan, lodeh terong, lodeh rebung, sambel klotok serta beberapa menu lainnya.

Klik disini untuk rutenya. (red/ima) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini