Pemkab melakukan komunikasi ke Kemensos untuk isi huntara di Dusun Jumok, Desa Sambirejo Kecamatan Wonosalam.
Pemkab melakukan komunikasi ke Kemensos untuk isi huntara di Dusun Jumok, Desa Sambirejo Kecamatan Wonosalam.

IM.com – Kementrian Sosial (Kemensos) bakal membantu menyiapkan kebutuhan peralatan rumah tangga hunian sementara (Huntara), warga terdampak tanah gerak di Desa Sambirejo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Pj Bupati Jombang, Sugiat menyampaikan, Kemensos akan melakukan assessment lokasi untuk menyiapkan kebutuhan warga terdampak tanah gerak Wonosalam.

“Kemensos nantinya akan membantu isi kebutuhan warga yang di evakuasi ke huntara. Kita sudah minta teman teman Dinsos komunikasi langsung ke Kemensos. Alhamdulilllah Kemensos menyatakan akan menangani (kebutuhan) itu,’’ katanya, Selasa (23/4/2024).

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Jombang, Hari Purnomo mengatakan dari hasil koordinasi, Kemensos menyetujui untuk membantu isi kebutuhan huntara.

“Beberapa hari lalu, kita bersama pak Camat Wonosalam sudah komunikasi langsung dengan Kemensos. Disana, ada Sentra Terpadu Prof Dr Soeharso Surakarta yang akan siap membantu isi huntara,’’ ujar dia.

Melalui Sentra Terpadu Prof Dr Soeharso Surakarta, Kemensos akan mengcover kebutuhan rumah tangga huntara, dengan item bantuan menyesuaikan kebutuhan masing-masing kepala keluarga.

”Bantuannya berupa alat alat rumah tangga. Ada peralatan dapur, peralatan tidur, almari, kompor gas, magic com, tabung gas, dan lain-lain menyesuaikan kebutuhan warga,’’ jelas.

Pada Maret lalu, Kemensos juga sudah memberikan bantuan untuk warga terdampak longsor. Diantaranya, berupa permakanan, sandang, alat rumah tangga dan perlengkapan evakuasi.

”Kemarin dari Kemensos turun sendiri dan diserahkan pak kepala desa Sambirejo,’’ pungkasnya. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini