Untuk mensukseskan dan memaksimalkan program ketahanan pangan Kodim 0815, Pemerintah Daerah dan Bulog akan membentuk/menetapkan Tim Sergap

IM.com Memaksimalkan serapan gabah petani (Sergap) di wilayah, Kodim 0815 Mojokerto bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Mojokerto dan Bulog menggelar Rapat Koordinasi Pemantapan Operasionalisasi  2017. Acara yang berlangsung di  di Ruang Data Makodim 0815 dipimpin Komandan  Kodim 0815 Mojokerto Letkol Czi Budi Pamudji.

 Rakor ini merupakan upaya mendukung dan menindaklanjuti kebijakan pemerintah melalui Kementerian Pertanian RI yang telah menerbitkan  Peraturan Menteri Pertanian No. 3 Tahun 2017 tentang perubahan pedoman harga pembelian gabah dan beras di luar kualitas oleh Pemerintah, sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden RI (Perpres) No. 20 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden No. 48 Tahun 2016 tentang Penugasan Kepada Perum Bulog dalam rangka Ketahanan Pangan Nasional.

Untuk mensukseskan dan memaksimalkan program tersebut, Kodim 0815, Pemerintah Daerah dan Bulog akan membentuk/menetapkan Tim Sergap yang dibekali pelatihan dalam pengukuran kadar air & kadar hampa dan menyediakan gudang di lokasi sentra produksi yang mampu menampung hasil panen petani.

Sehingga diharapkan hasil panen petani (gabah/beras) dalam bulan Maret sampai dengan Agustus 2017 dapat terserap dan dibeli oleh Bulog minimal sesuai dengan harga pembelian pemerintah (HPP) yang telah ditetapkan dalam Inpres No. 5 Tahun 2015 yakni Rp 3.700/Kg,  termasuk gabah dan beras di luar kualitas.


Dalam kegiatan yang bertajuk “Rapat Koordinasi Pengusaha Beras dan Pemilik Penggilingan Padi dalam Rangka Penyerapan gabah / Beras Tahun 2017, Sinergi Kodim 0815 Dengan Pemerintah Daerah Mojokerto dan Bulog”, dihadiri 130 orang, antara lain Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, Ka Bulog Sub DIvisi Regional IV Surabaya Selatan di Mojokerto,

Juga Kepala Dinas Pertanian Kabupaten dan Kota Mojokerto, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten dan Kota Mojokerto, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten dan Kota Mojokerto,  Pasi Ter Kodim 0815 Kapten Chb Djenal Abidin, Para Danramil Jajaran Kodim 0815, Pengusaha Penggilingan Padi sebanyak 75 orang dan Perwakilan Babinsa Kodim 0815 sebanyak 20 orang. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here