Ikfina istri Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa presentasi bagaimana sesunggunya anak cerdas yang berkarkater

IM.com – Bagaimanakan sesungguhnya anak cerdas yang berkarater?. Pertanyaan ini dilontarkan Ikfina, istri Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa kepada peserta dalam acara Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur, Sabtu (20/05-2017) di Pendopo Graha Majatama.

Ikfina yang menjadi Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto dalam acara itu mempresentasikan materi parenting definisi anak cerdas berkarakter yang sesungguhnya. Wanita yang juga berprofesi sebagai dokter ini, menjelaskan pula struktur otak manusia yang berkaitan erat dengan pembentukan suatu karakter.

Menurutnya, anak cerdas yang berkarater itu selain cerdas dalam mempelajari sesuatu, mereka juga memiliki sifat-sifat seperti santun, dermawan, rendah hati, toleransi dan penuh kasih sayang.

Karakter anak tidak terbentuk secara otomatis, ada proses atas suatu sistem atau ‘setting’ di dalam otak anak yang bisa kita bentuk. Usia dini adalah waktu yang efektif untuk menanamkan berbagi nilai-nilai postif,” papar Ikfina di hadapan 325 bunda yang hadir.


Selain kejujuran, Ikfina juga menekankan pentingnya mengajarkan anak untuk mengambil sebuah keputusan. Hal ini juga harus didukung dengan kebiasaan orangtua, untuk selalu berkata sesuatu yang sebenarnya.

“Ajari anak kita bagaimana bersikap dalam mengambil sebuah keputusan. Didik anak sejak dini dengan kasih sayang, sentuhan, pujian, perhatian dan stimulasi. Cara menyemai kejujuran juga bisa berawal dari sikap orangtua, yang harus selalu berusaha berkata benar. Berikan anak contoh perbuatan baik dan jujur dengan visualisasi yang konkrit,” tambah Ikfina. (ika/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here