fragmen kolosal “Perjuangan KH. Nawawi” yang diperankan oleh 150 pemain gabungan anggota Kodim 0815 Mojokerto dan siswa SMA Islam Gondang Mojokerto

IM.com – HUT TNI Ke-72 TNI di Mojokerto dimeriahkan oleh fragmen kolosal “Perjuangan KH. Nawawi” yang diperankan oleh 150 pemain gabungan anggota Kodim 0815 Mojokerto dan siswa SMA Islam Gondang Mojokerto. Acara berlangsung lapangan Cikaran Kota Mojokerto, Kamis (05/10/2017).

Fragmen atau drama pendek berdurasi 20 menit tersebut mengisahkan perjuangan Kyai Nawawi, salah seorang pendiri Nahdlatul Ulama di Mojokerto. Pada masa revolusi fisik, saat itu ia menjabat sebagai Komandan Laskar Sabilillah, membawahi wilayah Mojokerto, Kedamean Gresik, Sepanjang dan Sukodono Sidoarjo.

Kyai Nawawi gugur tanggal 22 Agustus 1946 dalam pertempuran melawan Belanda di Dusun Sumantoro, Sidoarjo.Jenazahnya kemudian ditandu pasukan Laskar Sabilillah menuju rumah duka di Kelurahan Jagalan Kota Mojokerto dan dimakamkan di TPU Dusun Mangunrejo Desa Sidoharjo Kabupaten Mojokerto atau Makam Losari.

Menanggapi acara tersebut Komandan Kodim Letkol Czi Budi Pamudji menyatakan, melalui tontonan tersebut diharapkan menjadi tuntunan bagi generasi penerus agar mengetahui jejak perjuangan Kyai Nawawi bersama Lasykar Sabilillah di Mojokerto. “Sifat patriotik dan pengabdian yang tulus patut kita hormati,” tutur Dandim. (dim/uyo)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here