Hari Lahir Pancasila
Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, saat menjadi irup dalam upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila,

IM.com – Peringatan Hari Lahir Pancasila, sejatinya dijadikan momen pemacu dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila serta senantiasa mengamalkan warisan mulia paraFounding Fathers atau Bapak Bangsa (julukan bagi 68 orang tokoh perjuangan kemerdekaan Indonesia).

Salah satu kutipan sambutan Presiden Joko Widodo ini, dibacakan ulang oleh Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, saat menjadi irup dalam upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Jumat (1/6-2018) pagi di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

“Momen peringatan Hari Lahir Pancasila, hendaknya dijadikan momen pemacu dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila serta senantiasa mengamalkan warisan mulia para Founding Fathers. Mari kita bersama-sama mengamalkan nilai-nilai Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” ucap wakil bupati.

Peringatan Hari Lahir Pancasila yang tahun ini mengangkat tema “Kita Pancasila: Bersatu, Berbagi, Berprestasi”, Presiden Joko Widodo melalui amanatnya mengingatkan untuk senatiasa berbagi antar anak bangsa dengan memperkuat etos kepedulaian, empati dan welas asih.


Dengan begitu, diyakini akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi. Kemajemukan bangsa yang seringkali dibayangi resiko intoleransi, juga menjadi pesan penting yang disampaikan.

“Kita harus berbagi dengan memperkuat etos kepedulaian, empati dan welas asih. Dengan begitu, diyakini akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi. Perlu juga untuk disadari bersama bahwa, kemajemukan bangsa seringkali dibayangi resiko intoleransi, ketidak-bersatuan dan ketidak-gotongroyongan. Maka saatnya kita berbagii pengalaman dalam ber Bhineka Tunggal Ika, toleransi serta membangun persatuan dan kebersamaan,” tambahnya.

Hadir pula dalam acara ini unsur Forkopimda antara lain Danrem 082/CPYJ diwakili Mayor Inf M.J Arifin (Pasi Komsos Rem 082/CPYJ), Dandim 0815 Mojokerto diwakili Kapten Arh Supriyono (Pasi Pers Dim 0815 Mojokerto), Kapolres Mojokerto, AKBP Leonardus Simarmata, Kapolresmota diwakili Kompol I Ketut Mudika (Kabag Ops Polresmota), Ketua DPRD Kab. Mojokerto, Ismail Pribadi, Kepala Kejari Kab. Mojokerto, Lubis, Sekdakab Mojokerto, Herry Suwito, asisten serta para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). (ika/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here