Ketua Tim Kampanye Daerah pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Mahfud Arifin dan jajaran timnya menyerahkan daftar TKD ke KPU Jatim, Jumat (21/9/2018). tidak ada nama Khofifah Indar Parawansa, Emil Elistianto Dardak dan Dahlan Iskan dalam daftar tersebut.

IM.com – Terjadi kejutan di menit akhir pendaftaran Tim Kampanye Daerah Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Jatim. Dalam struktur TKD Jokowi-Ma’ruf yang diserahkan Machfud Arifin ke KPU Jatim, Jumat (21/9/2018), tidak ada nama Khofifah Indar Parawansa, Emil Elestianto Dardak dan Dahlan Iskan.

Padahal tiga tokoh ternama di Jatim itu santer disebut masuk dalam TKD Jokowi-Ma’ruf.

Ketua TKD Jokowi-Ma’ruf, Mahfud Arifin berdalih, nama Khofifah dan Emil memang sejak awal tidak tercantum dalam struktural. Adapun Dahlan Iskan, kata Mahfud, mengundurkan diri dari TKD.

“Bu Khofifah sejak awal gak masuk. Emil juga gak masuk. Tapi semua sudah pasti dukung Pak Jokowi cuma lebih bebas saja,” tegasnya kepada awak media.


Mantan Kapolda Jatim ini menyampaikan Dahlan mengundurkan diri secara langsung seperti halnya Kiai Asep. “Pak Dahlan mundur, alasan kesibukan dan kesehatan. Kiai Asep (KH Asep Syaifudin Chalim) juga mundur,” kata Machfud.

Machfud menekankan kepada seluruh Calon Legilatif (Caleg) agar all out mendukung dan mengkampanyekan Jokowi-Ma’ruf. Menurutnya hal itu bisa mempengaruhi suara Caleg tersebut.

“Caleg mau menang ke DPRD Kota, Provinsi maupun pusat menangkan dulu Jokowi. Harus punya komitmen. Parpol pengusung juga harus punya komitmen mendukung penuh,” pungkasnya.

Sebelumnya, SK No 016-A/KPTS/TKN-JKWMA/IX/2018 mencatumkan banyak nama tokoh penting di Jatim yang berbondong-bondong masuk TKD Jatim. Selain itu, hampir semua pengurus harian tingkat Provinsi dari Parpol PDI-P, PKB, Golkar, Hanura, Nasdem, PPP, PKPI, PSI dan Perindo.

Nama-nama yang masuk dalam Dewan Penasehat TKD Jatim, yakni Imam Utomo, KH. Muhsin Ghazali dari PKB, KH Asep Syaifudin Chalim, Dahlan Iskan, Anton Prijatno dari Golkar, Mustahid Astari dari Golkar, Martono dari Golkar, Sudikdo Adi, dan Khofifah Indar Parawansa. (Baca: Dari Mantan Kapolda Jatim hingga Khofifah, Ini Daftar TKD Jokowi-Ma’ruf di Jatim).

Sementara Dahlan Iskan melalui orang dekatnya, Dhimam Abror Djuraid mengaku tidak pernah tahu kalau namanya masuk dalam dewan penasehat tim kampanye daerah (TKD) Jatim untuk Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019. Menurut Abror, Dahlan Iskan saat ini masih berada di Amerika Serikat (AS).

“Abah DIS (sapaan Dahlan Iskan) belum tahu. Pak Dahlan di Amerika. Namanya hanya dicatut,” terang mantan anak buah Dahlan Iskan, yakni Dhimam Abror, Jumat (21/9/2018).

“Jadi kalau ada yang sebut-sebut Pak Dahlan ikut tim sukses Jokowi, Anda bantah saja,” ujarnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here