Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih, Emil Elestianto Dardak (tengah) bersama sejumlah selebriti dan tokoh muda.

IM.com – Program ekonomi digital Gubernur Soekarwo yang fokus pada pengembangan start up bisnis dan marketplace Industri Kecil dan Menangah (IKM) akan dilanjutkan pemerintahan mendatang di bawah kepemimpinan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dengan program Jatim Akses dan Techno Park Dream Team. Dua program berbasis teknologi ini menunjukkan bahwa Pemprov Jatim sudah bersiap menghadapi tantangan ekonomi di era Revolusi Industri 4.0. Lalu apa itu Jatim Akses dan Techno Park Dream Team?

Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih, Emil Elestianto Dardak mengatakan, Jatim Akses merupakan piranti lunak untuk memastikan pembangunan infrastruktur dan pengembangan kawasan yang harus berpijak pada perspektif Revolusi Industri 4.0. Menurut Emil, di era Revolusi Industri, masyarakat terutama generasi milenial harus mengikuti kemajuan teknologi.

Jika tidak, mengikuti Jatim akan akan tertinggal oleh laju Revolusi Industri 4.0 yang dipastikan akan terus memunculkan teknologi-teknologi baru. Nah, hampir semua teknologi baru ini era terkait langsung dengan proses-proses manufakturing dan industri.

“Kalau kita tidak paham apa yang sedang terjadi dan telat menerapkan, maka kita tidak akan punya daya saing terhadap negara-negara lainnya,” papar Emil usai menjadi pembicara di Seminar Nasional Kampus dan Revolusi Industri 4.0 di Universitas Airlangga, Selasa (13/11/2018).


Sedangkan untuk Techno Park Dream Team, Emil menyebut, program ini akan menggabungkan siswa SMK dan mahasiswa dari perguruan tinggi.

“Diharapkan ini bisa menjadi tim. Karena banyak bisnis berhasil bukan karena perorangan tapi karena tim,” katanya.

Selain dua program tadi, Emil juga menyiapkan terobosan lain yang berbasis teknologi aplikasi yakni Belanja Inovasi. Emil menerangkan, Belanja Inovasi bisa menjadi program yang memungkinkan konektivitas teknologi dan meningkatkan nilai tambah industri yang didorong oleh pemerintah dan swasta. (Baca Juga: EJISC, Terobosan untuk Industri Kecil Menengah Jatim Hadapi Tantangan Ekonomi Digital). (sun/im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here