Mustofa Kamal Pasa (tengah) merestui istrinya Ifina Fahmawati (kanan) untuk menghadapi Pungkasiadi (kiri) pada Pilkada serentak Kabupaten Mojokerto 2020.

IM.com – Jalan Ikfina Mustofa Kamal Pasa menuju kursi calon bupati Mojokerto semakin terbuka. Ini setelah suaminya, mantan Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa (MKP) merestui Ikfina sebagai bakal calon bupati pada Pilkada serentak tahun 2020.

Turunnya restu MKP itu diketahui dari politisi PKB Edi Ikhwanto usai menjenguk MKP di Rutan Porong beberapa waktu lalu. Diketahui, MKP mendekam di Lapas Porong sebagai terpidana kasus korupsi izin pendirian tower telekomunikasi.

“Yang bersangkutan (MKP) telah merestui jika ibu (Ikfina) ikut (Pilkada Mojokerto),’’ ujar Edi.

Nama Ikfina mengemuka di bursa bakal calon Bupati Mojokerto dalam beberapa pekan terakhir. Adalah Garda Bangsa Mojokerto yang pertama kali secara terbuka menyatakan dukungannya kepada Ikfina.


Gayung bersambut, Ikfina pun rupanya memiliki hasrat maju dalam kontestasi Pilkada Mojokerto 2020. Perlahan, sosok Ikfina dengan mesin Garda Bangsa berkembang menjadi gerbong baru yang menjadi magnet bagi sejumlah parpol, termasuk PKB.  (Baca: Sisihkan Ayni Zuroh, Garda Bangsa Dukung Ikfina MKP sebagai Bakal Cabup Mojokerto).

Partai pemenang Pemilu 2019 di Kabupaten Mojokerto itu seketika ‘melupakan’ sosok Ketua DPC, Ayni Zuroh yang sejak awal sudah menyatakan diri siap maju. Garda Bangsa dan sejumlah elit politik, termasuk Edi Ikhwanto, lebih memilih Ikfina ketimbang Ayni.

Selain PKB, Ikfina juga berpeluang meraup dukungan dari Partai Amanat Nasional (PAN). Menurut Edi Ikhwanto, MKP telah mempercayakan langkah Ikfina kepada politisi PAN, Santoso.

“Mandatnya diberikan ke Pak Santoso,” ungkap Anggota Fraksi PKB DPRD Kabupaten Mojokerto ini.

Lebih jauh, MKP juga setuju jika Ikfina disandingkan dengan sosok yang memiliki dukungan dari para kiai dan santri seperti Muhammad Habibur Rochman. Putra pengasuh Ponpes Amanatul Ummah KH Asep Saifuddin Chalim yang akrab disapa Gus Habib itu dianggap sebagai figur yang tepat untuk mendampingi Ikfina menakhodai Kabupaten Mojokerto.

“Kiai Asep juga mendukung duet ini. Klir, sudah adiagendakan pertemuan untuk Ikfina-Gus Habib,’’ ungkap Edi.

Duet Ikfina-Gus Habib ini akan menjadi penantang serius bagi incumbent, Pungkasiadi. Meskipun sampai sekarang, Plt Bupati Mojokerto itu masih berharap cemas turunnya rekom dari partainya, PDI Perjuangan. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here