Sarasehan HUT Kodam V/ Brawijaya di Pendopo Agung Trowulan, Begini Pesan Pangdam
Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Wisnoe didampingi Komandan Korem 082/CPYJ, Kolonel Arm Ruly Chandrayadi hadiri sarasehan HUT Kodam V/Brawijaya. FOTO : Martin

IM.com – Sarasehan HUT Kodam V/Brawijiaya ke 71, digelar di Pendopo Agung, Trowulan, Mojokerto. Dihadiri Pangdam V/Brawijaya, Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi, Kamis malam (19/12/2019).

“Salah satu kegiatan dalam peringatan HUT Kodam V/Brawijaya adalah sarasehan. Ini sudah menjadi tradisi yang dilaksanakan Kodam V/Brawijaya,” ujar Mayjen TNI Wisnoe pada awak media. Lebih lanjut Pangdam V/Brawijaya mengatakan, dipilihnya Pendopo Agung, Trowulan sebagai lokasi sarasehan karena memiliki benang merah terkait dengan lambang Kodam V/Brawijaya.

Sudàh menjadi agenda tahunan jika Kodam V/Brawijaya berulang tahun. Pendopo agung Trowulan yang masuk situs peninggalan Kerajaan Majapahit ini selalu digunakan sebagai tempat dilakukannya sarasehan.

“Kawasan kerajaan Mojopahit diantaranya berada di Pendopo Agung ini, sedangkan Kodam V/Brawijaya menggunakan lambang Brawijaya. Di sinilah diharapkan kita bisa mempunyai kenangan sejarah, menauladani spirit dari raja Brawijaya,” ujar Wisnoe sambil menunjukkan lambang Brawijaya yang tersemat di bahu lengan kiri.


Identitas prajurit Kodam V/Brawijaya, digambarkan sebagai sosok prajurit dengan sikap dan cara bertindaknya dilandasi nilai-nilai kejuangan, kepahlawanan dan keprajuritan dari raja Brawijaya yang luhur, patriotik serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Atas kepemimpinan, keperwiraan dan keprajuritan dan kedekatannya dengan rakyat, diharapkan bisa menjadi inspirasi dan motivasi serta contoh kongkrit bagi seluruh prajurit Kodam V/Brawijaya dalam pengabdiannya kepada Negara dan Bangsa.

Ditengah hujan rintik, sarasehan ini juga dihadiri para sesepuh Kodam V/Brawijaya, satu diantaranya Jenderal TNI (Purn) Widjoyo Suyono. Saat berpangkat Mayor Jenderal, pria kelahiran Tulungagung 1928 silam pernah menjabat Pangdam V/Brawijaya pada 1971 – 1975. Sejumlah tokoh nasional yang dulu pernah menjadi orang nomor satu di Kodam V/Brawijaya juga menghadiri sarasehan ini.

Didampingi Komandan Korem 082/CPYJ, Kolonel Arm Ruly Chandrayadi, Mayjen TNI Wisnoe berpesan pada jajaran intern Kodam V/Brawijaya. “Tetap memegang sesantinya Kodam V/Brawijaya yaitu Bhirawa Anoraga yakni gagah perkasa tetapi rendah hati,” pungkasnya. (rei/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here