Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander bersama Ketua KPU Kabupaten Mojokerto Muslim Buchori meninjau logistik pilkada di dalam truk boks sebelum dikirim ke 18 kecamatan.

IM.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mojokerto mulai mendistribusikan logistik Pemilihan Kepala Daerah 2020 ke 18 kecamatan. Kotak dan bilik suara sampai dan peralatan mencoblos dikirim menggunakan truk boks dengan pengawalan ketat dari petugas gabungan.

Logistik dikirim dari gudang penyimpanan di GOR Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto menuju kantor  18 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Polisi, TNI, Satpol PP dan petugas Dinas Perhubungan bekerjasama mengawal proses pendistribusiannya.

“Kami pakai mobil boks untuk mengantisipasi hujan supaya aman,” kata Ketua KPU Kabupaten Mojokerto Muslim Bukhori kepada wartawan di GOR Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Senin (7/12/2020).

Perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara yang dikirim ke 18 PPK antara lain 823.014 lembar surat suara utama sesuai jumlah daftar pemilih tetap (DPT). Kemudian 21.603 lembar surat suara cadangan, 4.168 bilik suara, 2.084 kotak suara, 2.084 tinta, 41.680 segel, serta 12.540 cable ties (kabel pengikat).


“Setiap TPS ada 3 bilik, terdiri dari 2 bilik utama dan 1 bilik khusus,” terang Muslim.

Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander menjelaskan, pihaknya memberi pengawalan ketat proses distribusi logistik Pilbup 2020 ke 18 PPK untuk mencegah sabotase. Berbagai perlengkapan untuk coblosan 9 Desember nanti itu disimpan satu malam di masing-masing kantor kecamatan.

“Selama bermalam di setiap PPK juga kami beri pengamanan. Kami siagakan 15 personil dibantu TNI, Linmas dan Satpol PP,” jelasnya.

Logistik Pilbup Mojokerto selanjutnya akan dikirim ke setiap Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa esok harinya atau Selasa (8/12/2020). Sedangkan distribusi ke 2.084 TPS akan dilakukan pada 9 Desember pagi sebelum pemungutan suara. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here