Sebanyak 3.120 vaksin Covid-19 tiba di Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto dan 1.000 vaksin di Dinkes Kota Mojokerto, Senin (25/1/2021) sore.

IM.com – Sebanyak 4.120 vaksin Covid-19 akhirnya tiba di Mojokerto, Senin (25/1/2021) sore. Masing-masing 3.120 ampul untuk warga Kabupaten Mojokerto dan 1.000 vaksin lainnya akan diberikan kepada masyarakat di Kota Mojokerto.

Vaksin Covid-19 diangkut menggunakan mobil pikap boks bertuliskan Biorfarma dari Kota Surabaya dengan pengawalan ketat kepolisian yang mengendarai mobil taktis Baracuda. Sebanyak 1.000 ampul Vaksin Sinovac dikemas dalam puluhan dus yang tiba di Dinkes Kota Mojokerto disimpan di ruangan Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dengan pengaturan suhu 2 derajat celcius hingga 8 derajat celsius..

“Sebanyak 1.000 Vaksin Covid-19 ini baru tahap pertama. Setelah habis nanti kita minta lagi 1.000 vaksin ke Dinas Kesehatan Pemprov Jatim,” ungkap Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Mojokerto, dr. Farida Mariana, Senin (25/1/2021).

Farida mengatakan vaksin Covid-19 tersebut memang harus disimpan terlebih dahulu di ruangan pendingin sebelum didistribusikan di sejumlah Faskes yang sudah ditunjuk Pemkot Mojokerto. Faskes yang melayani penyuntikan vaksin di Kota Mojokerto yakni enam rumah sakit, enam puskesmas, dokter praktik lima orang dan sisinya klinik yang siap menjadi vaksinasinator penyuntikan vaksin Covid-19.

“Rencananya kita distribusikan ke sejumlah Faskes pada Rabu pekan ini,” terangnya.

Untuk tahap pertama ini, pemkot memprioritaskan penyuntikan vaksin kepada Forkopimda dan beberapa tokoh lain yang sudah melakukan skrining. Setelah itu, vaksinasi akan diberikan kepada seluruh Tenaga Kesehatan (Nakes) secara serentak. (Baca: Forkopimda Kota Mojokerto Ikuti Skrining Sebelum Divaksin Covid-19).

Pada saat yang sama, sebanyak 3.120 vaksin jatah untuk Kabupaten Mojokerto juga tiba di Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat di Jalan RA Basuni, Kecamatan Sooko, Senin (25/1/2021) sekitar pukul 17.20 WIB. Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander turun langsung ke lokasi  untuk memastikan pengamanan distribusi vaksin dari Pemprov Jatim.

“Vaksin yang tiba hari ini jumlahnya 3.120 vial. Pendistribusiannya mendapatkan pengawalan dari Patwal Polda Jatim dan Brimob Polda Jatim sampai di Kabupaten Mojokerto,” terang AKBP Dony Alexander.

Selanjutnya vaksin disimpan di gedung vaksin P2P Dinkes Kabupaten Mojokerto dengan suhu penyimpanan yang sama. Petugas Polres Mojokerto bertugas melakukan penjagaan di Dinkes.

Sama dengan di Kota, vaksin tahap pertama ini akan diberikan untuk Forkopimda dan tenaga kesehatan. Kapolres berharap, kedatangan Vaksin Sinovac ini akan mengakhiri masa pandemi Covid-19 di Bumi Majapahit.

Meski demikian, ia mewanti-wanti  masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Masyarakat tidak perlu takut divaksin, karena selain halal vaksin tersebut aman,” pungkas Dony. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here