Bupati Ikfina Fahmawati meresmikan Unit Usaha Milik Desa Dlanggu, Coffee Taman, dari program Desa Berdaya 2022 yang disokong bantuan keuangan Pemprov Jawa Timur.

IM.com – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meresmikan unit usaha milik Desa Dlanggu, Coffee Taman. Program Desa Berdaya itu sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat dan desa dalam rangka pemulihan ekonomi dampak dari Pandemi Covid-19.

Peresmian program Desa Berdaya dilakukan Bupati Ikfina dengan melakukan pemotongan pita dan potong tumpeng secara simbolis. Unit usaha ini didirikan dari bantuan keuangan khusus yang diberikan Provinsi Jawa Timur.

Unit usaha Coffee Taman yang berlokasi di sebelah Kantor Desa Dlanggu tersebut, juga bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dlanggu, produsen Kopi Trawas dan Kopi Pacet. Misinya adalah untuk menjual berbagai macam racikan minuman kopi, olahan minuman jamu kunyit asam serta berbagai produk unggulan cemilan dari Desa Dlanggu.

Selain itu, pada peresmian program Desa Berdaya, juga terdapat berbagai pertunjukan yang disuguhkan oleh para siswa SDN Dlanggu seperti penampilan Para Suba Manggala, Karawitan, dan Tari Merak. Juga turut dihadiri Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur Endah Binawati, Kepala DPMD Kabupaten Mojokerto Yudha Akbar Prabowo, Forkompimca Dlanggu, Kepala Desa Dlanggu Muhammad Nur Huda, Tim Ahli Pemberdayaan Masyarakat, Tim Pendamping Lokal Desa, Ketua TP PKK Kecamatan Dlanggu, serta Ketua TP PKK Desa Dlanggu.


Pada momen itu, Bupati Ikfina mengungkapkan, untuk mendapatkan program bantuan khusus Desa Berdaya dari Provinsi Jawa Timur, hanya desa yang masuk dalam kategori desa mandiri.

“Alhamdulillah, Desa Dlanggu menjadi salah satu dari 10 desa mandiri di Kabupaten Mojokerto yang mendapatkan bantuan tersebut,” ucap Ikfina di Kantor Desa Dlanggu, pada Sabtu (26/11/2022).

Bupati Ikfina mengatakan, desa mandiri merupakan kategori tertinggi untuk indeks Desa Membangun. Di mana Pemerintah mendorong supaya desa tersebut melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan sampai tercapainya kategori paling tinggi yakni mendapatkan status desa mandiri.

“Desa Dlanggu, di bawah kepemimpinan bapak Kepala Desa Dlanggu yang tentu saja didampingi oleh Ibu Ketua TP PKK Desa Dlanggu, disektor semua perangkat desa, BPD, LPM dan para pendamping lokal desa, semua tokoh agama tokoh masyarakat, dan tentu tidak lupa masyarakat Desa Dlanggu dan kemudian beliau ini bisa membuktikan bahwa Desa Dlanggu pantas dan bisa menjadi desa mandiri, luar biasa,” ucapnya.

Bupati Ikfina juga mengucapkan, selamat atas kemandirian Desa Dlanggu, dan Ia berharap, kedepannya Desa Dlanggu dapat terus berkembang, kreativitas dan inovatif.

“Bagaimana kemudian memajukan semua lini di Desa Dlanggu, tidak hanya pada ekonominya tetapi seni budayanya luar biasa, saya senang sekali,” bebernya.

Selain itu, telah dicapainya kemandirian yang diperoleh Desa Dlanggu, Bupati Ikfina berharap melalui kegiatan Desa Berdaya dan telah diresmikannya Coffee Taman, tidak hanya memberikan kontribusi ekonomi terhadap Desa Dlanggu, akan tetapi juga dapat memberikan kontribusi positif dan kreatif dalam membangun lebih maju lagi Desa Dlanggu dengan ngopi bersama di Coffee Taman.

“Mudah-mudahan dari Coffee Taman Desa Dlanggu akan muncul ide-ide kreatif dari anak anak muda yang kreatif dan tentunya semuanya berasal dari desa Dlanggu Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Dlanggu Muhammad Nur Huda menjelaskan, dalam memanfaatkan program Desa Berdaya yang berupa unit usaha Coffee Taman ini, diharapkan dapat menjadi suatu tempat untuk menampung pemuda-pemuda kreatif yang ada di Desa Dlanggu yang dapat bermanfaat untuk kemajuan Desa Dlanggu, Kabupaten Mojokerto, maupun untuk Indonesia.

“Diharapkan juga dengan adanya Coffee Taman ini, bisa menambah income masyarakat Desa Dlanggu,” pungkasnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here