FGD yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto, Selasa (4/4/2023), membahas upaya mendongkrak PAD bidang kesehatan melalui peningkatan yankes.

IM.com –  Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto berupaya meningkatkan kapasitas pelayanan kesehatan (yankes). Upaya tersebut guna mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor kesehatan.

Upaya mendongkrak PAD di bidang kesehatan melalui peningkatan yankes ditekankan oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dalam Focus Group Discussion (FGD), Selasa (4/4/2023). Forum ini dihadiri Sekda Kabupaten Mojokerto, Kepala Dinkes, Dirut RSUD Soekandar dan RSUD RA Basoeni, 27 kepala puskesmas serta CEO PT Blue Cross Medika Internasional Rudi Suryanto.

“Pemerintah pusat terus menargetkan kepada pemerintah daerah terkait capaian UHC (Universal Health Coverage). Sehingga salah satu yang dinilai adalah bagaimana pelayanan kita kepada masyarakat, pelayanan ini harus terus ditingkatkan,” kata Ikfina di smart room Satya Bina Karya Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Selasa (4/4/2023)..

Bupati Ikfina mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten Mojokerto tidak boleh hanya fokus terhadap pelayanan saja, tetapi juga harus memikirkan upaya untuk meningkatkan PAD.

“Kita tidak boleh fokus ke pelayanan saja, kita harus putar otak, karena salah satu potensi meningkatkan PAD juga dari bidang kesehatan,” katanya.

Oleh karena itu, Ikfina yang juga seorang dokter ini meminta agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Mojokerto terus ditingkatkan. Menurutnya, langkah tersebut dapat menunjang upaya peningkatan PAD.

“Pemda tidak meminta anda untuk membiayai kegiatan pemda, saya minta tolong, pelayanan kesehatan terus ditingkatkan sebaik-baiknya, sehingga berimbas dalam mendongkrak PAD Kabupaten Mojokerto,” tandasnya.

Ikfina menjelaskan, peningkatan layanan kesehatan dan PAD dapat berjalan secara simultan dan saling  terkait. Artinya, dengan meningkatnya PAD di bidang kesehatan, lanjut Ikfina, maka anggaran dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan bisa mandiri.

“Kalau PAD dari kesehatan meningkatkan, untuk kesehatan tidak lagi menggunakan anggaran yang lain, melainkan dari hasil pelayanan kesehatan itu sendiri,” jelasnya. (adv/im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini