IM.com – Desa Kuripansari, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto masuk dideklarasikan menjadi Desa Siap Siaga tahun 2023. Program yang diinisiasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ini untuk menciptakan desa yang toleran dan mampu mencegah masuknya ideologi radikalisme, ekstrimisme, dan terorisme.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengatakan, di seluruh Indonesia hanya ada 5 saja desa yang dibina langsung oleh BNPT untuk menjadi Desa Siap Siaga. Salah Desa Kuripansari, Kecamatan Pacet adaah salah satunya.

“Tentu suatu kesempatan yang luar biasa. Disaat yang lain tidak mendapatkan satu program seperti ini, dibekali pengetahuan bahkan dibentuk penggerak penggeraknya di desa ini,” ungkapnya, Kamis (14/12/2023) siang.

Ikfina sangat mendukung penuh warga Desa Kuripansari yang mendeklarasikan diri dan bersiap-sedia serta bersatu-padu dalam membangun kesiapsiagaan, guna melawan dan mencegah terkait tanda-tanda potensi ancaman terorisme. Menurutnya, dengan adanya deklarasi Desa siap siaga ini bisa mencegah penyebaran ideologi radikal dan mempersempit ruang gerak kelompok terorisme.

“Mari bersama-sama berkomitmen untuk terus menjaga pekon ini dari ancaman radikal terorisme, jadilah pribadi dan masyarakat yang bergerak aktif dalam menyebarkan nilai- nilai perdamaian, toleransi dan anti radikalisme kepada masyarakat lainnya. Dengan demikian persatuan dan kesatuan untuk NKRI dapat kita wujudkan dengan kehidupan berkelanjutan yang damai dan aman,” ucapnya.

Ikfina juga mengapresiasi BNPT yang telah memberikan kesempatan kepada Desa Kuripansari untuk menjadi desa percontohan dari program Desa Siap Siaga ini.

“Di sini sudah ada satu desa percontohan. Kita patut bersyukur, tentu desa-desa yang lain akan lebih mudah mencontohnya jika ingin melaksanakan Desa siap siaga, karena kita sudah punya model,” pungkasnya. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini