Masyarakat saat melakukan simulasi pemilu di halaman kantor KPU Jombang. Rabu (31/1/2024) Karimatul Maslahah

IM.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang Jawa Timur mengadakan simulasi tahap II Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 halaman kantor KPU Jombang Rabu (31/01-2024).

Ketua KPU Kabupaten Jombang Abdul Wadud Burhan Abadi, menjelaskan simulasi tahap II Pemilu 2024 untuk memastikan masyarakat, terutama yang telah memiliki hak pilih agar mengetahui aturan dan mekanisme pencoblosan.

“Simulasi kedua kita mengundang stakeholder dan masyarakat, jadi ada dua tujuan yaitu tindak lanjut bimtek yang telah kita berikan kepada anggota PPS dan KPPS kemudian sosialisasi kepada stakeholder,” ujarnya. Rabu (31/1/2024).

Simulasi yang dilaksanakan ini dijalankan sesuai mekanisme dan prosedur, atau tata cara pelaksanaan pencoblosan, agar masyarakat tidak bingung dalam pengambilan jenis surat suara hingga memasukkan surat suara ke dalam kotak suara.

“Jadi agar mereka bisa tau bagaimana proses di TPS nanti pada 14 Februari 2024,” jelasnya.

Pada kegiatan simulasi tahap kedua ini, KPU lebih menekankan mekanisme dan prosedur, termasuk jenis surat suara. Dari hasil evaluasi simulasi tahap dua ini, banyak pemilih yang belum mengetahui jenis surat suara, sementara pihak penyelenggara dipastikan memenuhi prosedur dalam perhitungan surat suara dan penyalinan yang benar.

Selain itu, KPU Jombang juga berupaya membuat hal baru seperti, salah satunya penyederhanaan formulir dan pengaturan norma-norma yang lain.

“Misalnya pemilih DBTP dulu bisa memilih sejak awal dibukanya TPS, maka sekarang pukul 11.00 WIB mereka baru bisa menggunakan hal pilihnya, selain itu sistem rekapitulasi nantinya akan dibantu oleh aplikasi sirekap agar lebih cepat,” pungkasnya. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini